WhatsApp Punya Fitur Baru Saluran Pesan Satu Arah, Mirip Instagram

Redaksi
Kamis, 19 Oktober 2023 | 16:55 WIB
Ilustrasi fitur WhatsApp terbaru/Freepik
Ilustrasi fitur WhatsApp terbaru/Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Meta, perusahaan milik Mark Zuckerberg, meluncurkan fitur mirip Instagram yang disebut Saluran Siaran untuk perpesanan satu arah di aplikasi Whatsapp

Meta kini memperluas ketersediaan saluran siaran dan akan menghadirkannya ke Facebook dan Messenger. Kreator dan tokoh masyarakat yang memiliki halaman Facebook kini dapat mengirim pesan, termasuk foto, video, dan catatan suara ke komunitas mereka.

Berdasarkan tangkapan layar yang dibagikan oleh kepala Meta Mark Zuckerberg, saluran siaran akan muncul di obrolan Messenger pengguna di bawah tab yang diberi label Saluran.

Tampilan Saluran di aplikasi WhatsApp
Tampilan Saluran di aplikasi WhatsApp

Hal ini untuk memperbarui pengikut tanpa harus memposting di halaman utama. Artinya, saluran broadcast ini merupakan tempat bagi pengikut untuk merasa lebih terhubung dan menyelami lebih dalam hal-hal yang paling penting bagi mereka.

“Saluran Siaran adalah alat untuk mengirimkan pesan publik dalam satu arah ke aplikasi untuk Halaman Facebook, dan merupakan tambahan terbaru dalam rangkaian alat canggih Facebook yang dapat digunakan oleh admin halaman,” tulis Meta, dikutip dari pengumumannya, Kamis (19/10/2023).

Ini masih merupakan alat pengiriman pesan satu arah yang berarti hanya admin halaman dapat memposting pesan di saluran. Namun peserta dapat bereaksi terhadap pesan tersebut dan memberikan suara dalam jajak pendapat.

Seperti dikutip dari engadget, Admin halaman dapat menggunakan fitur saluran siaran untuk melakukan hal seperti jajak pendapat, mengirimkan foto atau video di balik layar, dan menggunakan catatan suara untuk ekspresi yang lebih autentik.

Peserta akan mendapatkan notifikasi setiap kali pemilik halaman mengirimkan pembaruan, namun mereka dapat membisukan saluran tersebut kapan saja. Agaknya, mereka yang memilih untuk tidak berpartisipasi untuk pertama kalinya masih dapat mengakses saluran tersebut dari halaman profil seperti yang dapat dilakukan orang di Instagram.

Dalam pengumuman dari Meta menambahkan setiap admin halaman tempat fitur tersebut sekarang dapat diakses dapat memulai saluran jika mereka mau. Namun, fitur ini masih belum tersedia di semua tempat, dan mereka yang belum dapat menemukan opsi untuk membuka saluran siaran dapat bergabung dalam daftar tunggu untuk saat ini. (Afaani Fajrianti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper