Prabowo Borong 24 Jet Tempur F-15 EX, Ini Spesifikasinya

Muhammad Ridwan
Selasa, 22 Agustus 2023 | 11:15 WIB
Jet tempur F-15EX buatan Boeing yang dibeli Kementerian Pertahanan/Boeing
Jet tempur F-15EX buatan Boeing yang dibeli Kementerian Pertahanan/Boeing
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto telah resmi memborong 24 unit jet tempur buatan Boeing yaitu adalah F-15EX.

Dilansir dari laman resmi Boeing, F-15EX merupakan model terbaru yang menggantikan model F-15C. Model ini diklaim memiliki muatan, jangkauan, dan kecepatan yang terbaik di kelasnya.

Jet buatan Amerika Serikat itu bahkan disebut-sebut dapat dijadikan tulang punggung pertahanan udara dengan kemampuannya yang canggih hingga beberapa dekade ke depan.

F-15EX dilengkapi dengan radar dan sensor yang lebih canggih, sehingga memungkinkan jet tempur ini dapat memiliki pertahanan yang lebih baik terhadap ancaman musuh, terutama dalam peperangan elektronik.

Boeing juga melakukan peningkatan muatan persenjataan pada model ini. Kecanggihannya memungkinkan F-15EX mengangkut senjata canggih yang tidak dapat dapat dibawa oleh model lainnya seperti senjata hipersonik.

Selain itu, F-15EX dapat meningkatkan kemampuan pilot untuk lebih cepat dan tepat mengambil keputusan dengan kehadiran kokpit yang dilengkapi dengan akses real time dengan informasi di medan perang.

Boeing mengklaim, model F-15EX lebih efisien dalam hal operasional. Pasalnya, untuk mengoperasikan model ini, pilot hanya menbutuhkan pelatihan ulang yang minimal.

Sementara itu, dari segi pemeliharaan, pesawat ini memiliki model relatif memiliki model yang sama dengan model terdahulu. Boeing menyebut 80 persen suku cadang F-15EX sama dengan F-15 yang sudah ada.

Biaya penerbangan jet tempur F-15EX juga disebut memiliki biaya terbang per jam yang lebih rendah dibandingkan dengna model-model terdahulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Muhammad Ridwan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper