Hiu Greenland, Ikan Pemangsa yang Usianya Bisa Mencapai 500 Tahun

Mia Chitra Dinisari
Senin, 24 Juli 2023 | 16:30 WIB
Hiu Greenland
Hiu Greenland
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di dunia ini, ternyata ada beberapa hewan yang umurnya lebih tua dari sebuah negara, dan salah satunya adalah Hiu Greenland.

Hiu Greenland juga dikenal sebagai hiu gurry atau abu-abu, merupakan keluarga Somniosidae (keluarga hiu tidur) dan nama ilmiah mereka adalah Somniosus microcephalus.

Hiu ini lebih menyukai perairan dingin dan biasanya ditemukan di Atlantik utara di sekitar pantai New England dan Kanada serta di perairan Skandinavia.

Mereka juga ditemukan di Samudra Arktik. Namun, mereka telah ditemukan jauh di selatan muara sungai seine di Prancis.

Juga, ada beberapa bukti bahwa mereka dapat hidup di habitat yang lebih hangat seperti Karibia tetapi hanya di tempat yang sangat dalam.

Habitat pilihan mereka adalah paparan benua dan kepulauan, daerah intertidal dan beberapa daerah teluk yang dangkal. Mereka dapat mentolerir air yang dalam dan dingin dan telah ditemukan hingga kedalaman 2.200 m.

Hiu ini memiliki moncong pendek dan bulat, mata kecil, dan sirip yang sangat kecil untuk ukuran hiu.

Mereka bisa berwarna abu-abu krem ​​hingga coklat kehitaman. Hiu ini juga besar! Hiu Greenland dapat memiliki berat hingga 2.200 pound dan mencapai lebih dari 15 kaki yang membuat ukurannya serupa dengan hiu putih besar.

Dalam pengertian evolusioner, hiu adalah salah satu yang bertahan hidup tertua di Bumi, mereka telah menjelajahi lautan selama lebih dari 400 juta tahun.

Hebatnya, hiu laut dalam di lepas pantai Greenland tampaknya hidup dan berenang kembali pada zaman Shakespeare 400 tahun lebih yang lalu, menjadikan mereka yang paling lama hidup dari semua vertebrata yang dikenal. Dan bisa hidup hingga 500 tahun.

Pinus Bristlecone bisa hidup sampai 5.000 tahun. Spons laut dapat hidup selama ribuan tahun. Satu quahog, kerang laut bercangkang keras, mati pada tahun 2006 pada usia 507 tahun.

Paus kepala busur dan ikan karang mata kasar dapat hidup hingga 200 tahun, dan beberapa kura-kura raksasa juga dapat mencapai usia dua abad.

Alasan umur hiu yang sangat panjang berkaitan dengan gaya hidup mereka. Hewan berdarah dingin yang hidup di lingkungan dingin seringkali memiliki tingkat metabolisme yang lambat, yang berkorelasi dengan umur panjang.

"Aturan umumnya adalah dalam dan dingin sama dengan tua, jadi saya pikir banyak orang berharap spesies seperti hiu Greenland berumur panjang," kata Chris Lowe, ahli biologi hiu di California State University di Long Beach dilansir dari smithsonianmag.

Kunci untuk bertahan lebih lama mungkin ada hubungannya dengan pertumbuhan yang lambat. Berkat beberapa studi penandaan sejak tahun 1950-an, hiu Greenland tumbuh dengan kecepatan siput, bertambah 1 sentimeter per tahun.

Namun mereka hidup sangat lama sehingga mereka masih mencapai panjang 400 hingga 500 sentimeter, atau 13 hingga 16 kaki, pada saat mereka mencapai ukuran penuh.

Nelayan pernah memburu hiu Greenland untuk diambil minyak hatinya yang berharga. Seabad yang lalu, Greenland  mendaratkan 32.000 hiu per tahun.

Islandia dan Norwegia juga memancing hiu untuk diambil minyaknya, yang juga digunakan dalam pelumas industri dan kosmetik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper