Bliblimart (BELI) Makin Digandrungi Konsumen Pria

Khadijah Shahnaz Fitra
Kamis, 22 Juni 2023 | 13:37 WIB
Karyawan Blibli.com siap mengantarkan barang ke pelanggan, di sela-sela peluncuran BlibliMART, di Jakarta, Senin (9/4/2018)./JIBI-Nurul Hidayat
Karyawan Blibli.com siap mengantarkan barang ke pelanggan, di sela-sela peluncuran BlibliMART, di Jakarta, Senin (9/4/2018)./JIBI-Nurul Hidayat
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bliblimart, layanan e-groceries milik Grup Djarum, mencatat kenaikkan jumlah konsumen pria dengan porsi yang saat ini mencapai 45 persen atau hampir mengimbangi porsi konsumen wanita. 

EVP Consumer Goods Blibli, Fransisca Krisantia Nugraha menyatakan bahwa data transaksi melalui kategori produk Bliblimart di platform Blibli menunjukkan bahwa perilaku belanja e-groceries tidak hanya terbatas pada pelanggan perempuan, juga pria. 

Jumlah konsumen pria pun perlahan mengalami peningkatan. Sayangnya, wanita yang akrab disapa Kris itu tidak memberitahu secara detail pertumbuhan konsumen pria.

Hal ini menunjukkan bahwa e-groceries telah menjadi pilihan yang populer dan disukai oleh berbagai segmen konsumen

"Sebanyak 45 persen dari total transaksi e-groceries di Blibli dilakukan oleh pria. Bliblimart menjadi solusi kebutuhan sehari-hari dan memberikan pengalaman berbelanja terbaik," ujar Kris, Kamis (22/6/2023). 

Kris menambahkan beberapa nilai tambah yang ditawarkan Bliblimart antaralain kecepatan pengiriman, kelengkapan produk, layanan bernilai tambah, serta harga dan penawaran menarik bagi pelanggan.

Salah satu aspek penting dalam layanan e-groceries adalah ragam produk yang ditawarkan. Meskipun ada berbagai pilihan produk, bahan pokok tetap menjadi favorit di Indonesia. 

Pada kuartal pertama 2023, transaksi bahan pokok di Bliblimart mengalami peningkatan sebesar 23 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Selain bahan pokok, kebutuhan rumah tangga dan produk untuk anak juga menjadi kategori yang paling banyak dibeli oleh pelanggan.

Mayoritas produk dalam kategori Bliblimart tergolong dalam Fast Moving Consumer Goods (FMCG). Oleh karena itu, tidak ada waktu spesifik di mana pelanggan melakukan pembelanjaan. 

Namun, terdapat kecenderungan lonjakan transaksi pada periode-promosi tertentu seperti promo tanggal kembar atau Blibli Double Day dan tanggal gajian atau Blibli Pay Day.

Dalam hal pengiriman, Blibli mencatatkan lebih dari 3.000 transaksi setiap harinya selama kuartal pertama 2023. 

Selama periode tersebut, lebih dari 15.000 produk terjual dengan cepat. Produk-produk yang paling diminati meliputi makanan beku (seperti nugget), daging segar, sayur dan buah, serta telur. 

Selain kebutuhan pokok di Bliblimart, pelanggan juga memanfaatkan layanan 2 Jam Sampai untuk membeli berbagai produk seperti charger laptop, kosmetik, hingga oli kendaraan.

Dengan adanya Bliblimart, Blibli menilai telah memberikan solusi bagi kebutuhan sehari-hari dan memberikan pengalaman berbelanja yang optimal bagi pelanggan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper