10 Negara Terkecil di Asia, Nomor 8 Masuk Daftar Negara Terkaya di Dunia

Rendi Mahendra
Selasa, 6 Juni 2023 | 10:28 WIB
Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 menyediakan delapan stadion untuk menggelar seluruh pertandingan. Salah satunya adalah Lusail Iconic Stadium, yang terletak di kota Lusail, Qatar./Istimewa
Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 menyediakan delapan stadion untuk menggelar seluruh pertandingan. Salah satunya adalah Lusail Iconic Stadium, yang terletak di kota Lusail, Qatar./Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Asia merupakan benua terbesar di antara benua lainnya dengan wilayah darat mencapai sekitar 30 persen dari luas daratan Bumi.

Populasi manusia yang berada di benua Asia juga tertinggi di dunia, terbukti dnegan sekitar 60 persen populasi di dunia berada di daratan Asia.

Kendati demikian, tak semua negara yang berada di benua Asia mempunyai wilayah yang luas, ada beberapa negara dengan luas wilayah yang kecil.

Misalnya negara Maladewa yang menempati peringkat sebagai negara Asia terkecil dengan luas total 116 mil persegi.

Namun negara dengan luas wilayah yang kecil di Asia ini, salah satu di antaranya justru menjadi negara terkaya di dunia. Dikutip dari Worldatlas, berikut 10 negara terkecil di Asia.

1. Maladewa

Luas wilayah Maladewa yang berada di bagian selatan Asia ini sekitar 116 mil persegi, sedangkan populasinya sekitar 427.756 jiwa.

Wilayah ini telah dibagi menjadi 21 atol administratif, yang masing-masing diatur oleh Dewan Atol terpilih. Divisi administratifnya mengawasi aktivitas ibu kota Malé.

Maladewa membanggakan ekosistem laut yang kaya yang berkisar dari pantai dangkal, hutan bakau tepi, laut dalam, dan ekosistem terumbu karang. Hadir pula 187 jenis terumbu karang dan koral, 21 jenis lumba-lumba dan paus, 1100 jenis ikan, 83 jenis echinodermata, dan 5 jenis penyu. Ekosistem ini menopang industri pariwisata yang dinamis.

2. Singapura

Singapura adalah salah satu negara kota dunia, dan terletak di Asia Tenggara. Luasnya sekitar 276 mil persegi. Wilayah Singapura menampilkan daratan dan pulau-pulau lainnya.

Pulau-pulau terluar di Singapura adalah Sentosa, Pulau Jurong, Pulau Ubin, dan Pulau Tekong. Singapura memperluas wilayahnya dengan mereklamasi tanah menggunakan bumi yang diperoleh dari dasar laut, perbukitannya, dan negara-negara tetangga.

3.Bahrain

Bahrain adalah salah satu negara pulau di Asia, dan terletak di Teluk Persia. Luas wilayahnya sekitar 295 mil persegi dengan populasi 1.425.171.

Hampir 92 persen wilayah Bahrain adalah gurun dengan kekeringan musiman, dan penduduknya harus menghadapi badai debu yang terus-menerus.

4.Brunei

Brunei terletak di Asia Tenggara yang berbatasan dengan Malaysia Timur dan Laut Cina Selatan. Luasnya 2.226 mil persegi menjadikannya negara terkecil ke-4 di Asia.

Brunei diakui sebagai satu-satunya negara berdaulat yang berada di Pulau Kalimantan. Sisa wilayah Kalimantan dibagi antara Indonesia dan Malaysia.

Populasi negara ini sekitar 423.196 orang, 66,3 persen di antaranya adalah Melayu Brunei sedangkan 11,2 persen adalah Tionghoa.

Brunei telah mengumpulkan kekayaan dari ladang gas alam dan minyak bumi yang luas, dan dianggap sebagai negara maju.

5. Palestina

Luas wilayah Palestina adalah 2.402 mil persegi dengan jumlah penduduk 4.550.368 jiwa. Negara ini mengklaim Jalur Gaza yang berbatasan dengan Mesir dan Israel, dan Tepi Barat yang berbatasan dengan Yordania dan Israel.

Sebagian besar wilayah yang diklaim oleh Palestina terus diduduki oleh Israel sejak tahun 1967. Sekitar 136 anggota PBB mengakui Negara Palestina, dan berpartisipasi dalam G77, Liga Arab, Komite Olimpiade Internasional, dan Organisasi Kerjasama Islam.

Palestina terdiri dari 16 divisi administratif. Sementara 90 persen orang Palestina bergama Islam, 6 persen di antaranya beragama Kristen.

6. Siprus

Pulau Siprus terletak di Basis Timur Laut Mediterania. Luasnya 3.572 mil persegi dan 2.276 mil persegi.  Siprus terletak di dekat Afrika Utara dan Eropa Selatan, dan sejarahnya mendapat pengaruh dari Eropa Barat, Yunani, Levantine, Turki, dan Bizantium yang luas.

Bentang alam pulau ini didominasi oleh Pegunungan Kyrenia dan Troodos dengan dataran Mesaoria terbentang di antaranya. Pulau ini terdiri dari empat segmen.

7. Libanon

Luas Lebanon diperkirakan 4.536 mil persegi, dan membentang di sepanjang pantai Laut Mediterania. Negara ini telah mendapatkan reputasi sebagai "mutiara dari timur tengah" karena telah berfungsi sebagai penghubung perdagangan antara wilayah Mediterania dan Asia Timur dan India.

ebanon, yang dekat dengan Suriah, adalah rumah bagi banyak pengungsi yang membebani sumber daya Lebanon. Wilayah Lebanon Utara dan Beqa'a sangat terkena dampak krisis.

8.Qatar

Qatar terletak di Asia Barat yang menempati area seluas 4.473 mil persegi. Negara yang  terletak di Semenanjung Qatar yang merupakan bagian dari pantai timur laut Semenanjung Arab.

Meski dengan wilayah yang kecil, namun Qatar masuk  deretan negara terkaya di dunia. Qatar mencatatkan PDB-PPP sebesar US$124.848.

9. Timor-Leste

Timor-Leste menempati peringkat sebagai negara Asia terkecil ke-9 yang mencakup 5.743 mil persegi. Wilayahnya meliputi bagian timur pulau Timor, pulau-pulau terluar Jaco dan Atauro, dan kantong Oecusse. Sejarah Timor Lorosa'e mencakup pendudukan Portugis dan Indonesia, dan memperoleh kedaulatan pada tahun 2002. Timor Lorosa'e bersama dengan Filipina adalah unik karena didominasi Kristen di Asia Tenggara.

10.Kuwait

Kuwait terletak di ujung barat laut Teluk Persia, dan terletak di area seluas 6.879 mil persegi. Lokasi dan pendapatan minyak ini telah menopang ekonominya selama beberapa dekade.

Wilayah Kuwait membentang lebih dari sembilan pulau, namun Warbah dan Bubiyan sebagian besar tetap tidak berpenghuni.

Teluk Kuwait adalah landmark geografis paling terkenal di negara itu, dan menjorok ke garis pantai hampir 25 mil untuk memberikan perlindungan alami bagi pelabuhan Kuwait.

Kuwait berbagi perbatasan sepanjang 155 mil dengan Arab Saudi. Batas ini disepakati dalam Perjanjian Al Ugayr tahun 1922. Populasi Kuwait adalah sekitar 4,2 juta penduduk dimana 2,9 juta adalah ekspatriat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rendi Mahendra
Editor : Rendi Mahendra
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper