Penyebab Kebakaran Api Bisa Bertahan Lama, Menurut Sains

Elsa Hayati Sukma
Rabu, 3 Mei 2023 | 11:42 WIB
Kebakaran terjadi di Trans Studio Mall Makassar pada Senin (24/4/2023). Pengunjung lantas berbondong-bondong keluar dari dalam mal./Twitter @ammang
Kebakaran terjadi di Trans Studio Mall Makassar pada Senin (24/4/2023). Pengunjung lantas berbondong-bondong keluar dari dalam mal./Twitter @ammang
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Api menjadi penyebab salah satu terjadinya kebakaran. Kebakaran dapat sangat cepat menyebar dan melahap sekitar yang dapat menimbulkan kerugian.

Kebakaran dapat cepat terjadi saat musim panas tiba, melalui percikan api pada tanaman yang kering dapat menyebar dan melahap sekitar hingga menyebabkan kebakaran yang besar.

Biasanya penyebab terjadinya kebakaran ini meliputi:
1. Pembakaran
2. Api Unggun
3. Membuang rokok yang menyala
4. Membakar puing-puing yang tidak benar
5. Bermain dengan korek api atau kembang api yang dapat menyambar ke tanaman kering

Kebakaran yang terjadi berdasarkan jenis dan jumlah bahan bakar yang mengelilingi lokasi terjadinya kebakaran tersebut. Bahan bakar tersebut dapat berupa pohon, semak belukar, ladang berumput yang kering dan korsleting listrik. Jika bahan bakar tersebut terkena percikan api maka akan menimbulkan terjadinya kebakaran yang dapat menyambar area sekitar.

Kebakaran yang terjadi dapat memakan waktu yang cukup lama. Api yang besar dan menyambar membuat kebakaran susah untuk dihentikan.

Faktor penyebab kebakaran menjadi bertahan lama adalah:

1. Jenis bahan bakar

Bahan bakar yang terbakar memiliki temperatur yang berbeda. Bahan bakar yang berbeda-beda dapat menghasilkan energi panas. Jumlah panas yang dihasilkan bergantung pada molekul yang membentuk bahan bakar. Bahan bakar yang paling mudah terbakar adalah hidrokarbon (mengandung karbon dan hidrogen) yang bergabung kembali dengan oksigen dengan mudah membentuk karbondioksida, air dan gas. Sehingga gas dapat menyebabkan kebakaran dapat bertahan menjadi lama.

2. Ukuran

Ukuran bahan bakar menjadi salah satu alasan kebakaran bertahan lama. Jika bahan bakar seperti rumput kering akan membuat cepat bertahan menyebar sedangkan bahan bakar berupa kayu dapat terbakar dengan lama dan membutuhkan waktu yang lama. Hal tersebut yang menyebabkan kebakaran menjadi lama.

3. Luas Permukaan

Semakin besar permukaan bahan bakar, semakin banyak molekul oksigen yang dapat bertabrakan dengan permukaan. Semakin banyak molekul oksigen yang bertabrakan dengan bahan bakar akan semakin cepat reaksi pembakarannya. Jika luas permukaan yang terbakar cukup besar dan terdapat bahan bakar seperti kayu, maka akan dapat menyebabkan kebakaran dapat bertahan lebih lama.

4. Jumlah bahan bakar yang tersedia

Jumlah bahan bakar yang tersedia menjadi salah satu penyebab kebakaran dapat bertahan lama. Jika bahan bakar yang terbakar sangat banyak dan membuat kobaran api besar hal itu dapat menyebabkan kebakaran menjadi tahan lama dan sulit untuk dipadamkan.

5. Kadar Air

Kadar air menjadi salah satu penyebab kebakaran menjadi tahan lama. Jika kadar air bahan bakar yang terbakar dengan jumlah kelembaban yang sedikit makan akan kemungkinan menyebabkan kebakaran semakin besar dan cepat menyambar yang membuat kebakaran tersebut sulit untuk dipadamkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper