TikTok Janjikan Basmi Hoax di Platformnya, Begini Caranya

Asahi Asry Larasati
Kamis, 9 Februari 2023 | 17:53 WIB
Logo aplikasi media sosial TikTok yang dikelola oleh ByteDance./Bloomberg-Brent Lewin
Logo aplikasi media sosial TikTok yang dikelola oleh ByteDance./Bloomberg-Brent Lewin
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tiktok berjanji melakukan pengetatan guna mengatasi disinformasi dan penyebaran berita hoax di aplikasinya dengan menambahkan fitur keamanan dan memperkuat pengecekan fakta.

Dilansir dari Reuters pada Kamis (9/2/2023), janji ini disampaikan saat mempresentasikan laporan perkembangan tentang apa yang telah dilakukan untuk memenuhi kode praktik Uni Eropa (UE) tentang disinformasi dalam enam bulan terakhir.

"Meskipun kami bangga dapat memberikan tingkat detail terperinci ini untuk kali pertama, kami menyadari bahwa masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan," jelas Direktur kebijakan publik dan hubungan pemerintah TikTok Caroline Greer.

Carolina menyampaikan dalam beberapa bulan ke depan, TikTok akan berinvestasi dalam sebuah inisiatif atau pembaruan sistem keamanan untuk menghindari disinformasi.

Adapun, TikTok akan memperluas label media yang dikontrol oleh negara, meningkatkan tindakan terhadap disinformasi terkait dengan Ukraina, memperluas program pengecekan fakta di seluruh Eropa dengan lebih banyak bahasa, dan meningkatkan jumlah klaim yang dicek faktanya.

Selain itu, perusahaan ini juga akan memperkuat pendekatannya terhadap disinformasi dalam kebijakan periklanannya.

TikTok mengatakan bahwa dalam enam bulan terakhir mereka telah menghapus 191 iklan yang melanggar aturan dan memblokir akun politikus yang beriklan di platformnya.

TikTok juga mengambil tindakan terhadap akun pengguna yang terafiliasi sumber informasi yang otoritatif terkait Covid-19, Holocaust, perang di Ukraina, dan topik-topik sensitif lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper