Jajaran 5 Teratas Produsen Ponsel di Indonesia, Apa Aja?

Khadijah Shahnaz
Selasa, 20 September 2022 | 06:54 WIB
OPPO Reno7 series 5G dan Watch Free./Antara
OPPO Reno7 series 5G dan Watch Free./Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – International Data Corporation (IDC) merilis lima produsen ponsel teratas di Indonesia melalui Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker.

Pada peringkat pertama terdapat Oppo, produsen teknologi asal China. Oppo naik kembali ke posisi pertama pada kuartal II/2022. 

Hal ini dikarenakan Oppo terus memperluas portofolio kelas menengahnya (US$200- US$400), segmen ini mencakup 46,9 persen dari total pengiriman Oppo pada kuartal II/2022, dibandingkan dengan 18,1 persen pada kuartal II/2021.

Segmen menengah Oppo didukung oleh model A96 dan model-model dari seri Reno 7. Pangsa 5G Oppo meningkat secara signifikan dengan seri Reno 7.

Posisi kedua diisi oleh Samsung. Perusahaan ini memacu pengiriman produk segmen menengahnya dengan merilis berbagai model A dan M baru karena kontribusi segmen tersebut terhadap pengiriman keseluruhan Samsung meningkat dua kali lipat dari kuartal sebelumnya menjadi 23,2 persen. 

Beberapa model seri A dan M baru ditawarkan dalam varian 5G yang turut membantu Samsung dalam mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pangsa 5G.

Vivo kembali mempertahankan posisi ketiga pada kuartal II/2022 dengan pijakan yang kuat di segmen di bawah US$ 200, didukung oleh performa yang baik dari model Y15s dan Y21. 

Selain itu, vivo juga merilis model Y01 untuk mengisi segmen ultra low end ( di bawah US$ 100), menggantikan model Y1s. Pengiriman 5G vivo juga meningkat secara signifikan berkat model T1 5G dan T1 Pro 5G yang baru dirilis.

Xiaomi, di posisi keempat, berhasil mempertahankan posisi kuat pada segmen <US$ 200 dengan Redmi 10A dan 10C yang baru dirilis. Model flagship Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro memperkuat posisi Xiaomi di segmen lebih dari US$ 600, didukung oleh keadaan pasokan yang membaik untuk produk pada rentang harga lebih tinggi. 

Meski demikian, pada kuartal ini Xiaomi berfokus memperbaharui segmen 4G low end (US$ 100-US$ 200), berimbas pada penurunan peringkat Xiaomi di segmen 5G ke posisi keempat pada 2Q22.

Realme bertahan di posisi kelima pada 2Q22. Model-model baru seperti C35 dan C31, serta model-model C lama, memberi dukungan kuat untuk segmen di bawah US$ 200. 

Segmen kelas menengah yang menunjukkan pertumbuhan yang signifikan, berkat realme 9, Narzo 50, dan GT Neo 3T.

GT Neo 3 yang baru dirilis juga mendorong segmen menengah ke atas realme (US$ 400-US$ 600). Pangsa 5G realme juga tumbuh secara signifikan berkat model GT Neo 3, GT Neo 3T, dan Narzo 50 5G.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper