Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Google Hangouts Akan Setop Beroperasi per 1 November 2022, Begini Cara Unduh Semua Obrolan Lama Anda

Para pengguna Google Hangouts akan dimigrasikan untuk menggunakan Google Chat yang telah dikembangkan sejak tahun 2019.
Alifian Asmaaysi
Alifian Asmaaysi - Bisnis.com 06 September 2022  |  10:26 WIB
Google Hangouts Akan Setop Beroperasi per 1 November 2022, Begini Cara Unduh Semua Obrolan Lama Anda
Ilustrasi Google. - Antara/Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Google mengumumkan akan menutup layanan pesan instan multi-platform yakni Hangouts setelah 9 tahun beroperasi. Dilaporkan, Google akan resmi menghentikan operasi Hangouts pada 1 November 2022 mendatang.

Nantinya, para pengguna Google Hangouts akan dimigrasikan untuk menggunakan Google Chat yang telah dikembangkan sejak tahun 2019.

Pengguna Google Workspace (alias pelanggan perusahaan) adalah pengguna pertama yang bermigrasi dari Hangouts ke Google Chat dan sekarang aplikasi Hangouts juga akan secara resmi ditiadakan untuk seluruh pengguna gratis.

Google juga menghimbau para penggunanya untuk mengunduh semua data dan mencadangkan riwayat obrolan serta media yang sebelumnya terbangun di Hangouts. Sementara perusahaan meyakinkan bahwa semua percakapan dari Hangouts akan secara otomatis bermigrasi ke aplikasi Obrolan.

Kendati Google menjamin akan mentransmisikan semua pesan dari Hangouts ke Google Chat, para pengguna tetap dihimbau untuk menyimpan data penting mereka. 

"Namun, kami mendorong pengguna yang ingin menyimpan Salinan data Hangouts mereka untuk menggunakan Google Takeout guna mengunduh data mereka sebelum Hangouts tidak lagi tersedia pada November 2022,” tulis Google dikutip pada Selasa (6/9/2022).

Meskipun telah dikonfirmasi akan berhenti beroperasi pada 1 November 2022, Google mengumumkan bahwa versi web Hangouts, masih akan terus tersedia hingga akhir tahun ini. 

“Meskipun kami mendorong semua orang untuk beralih ke Chat, Hangouts di web akan terus tersedia hingga akhir tahun ini. Pengguna akan melihat pemberitahuan dalam produk setidaknya sebulan sebelum Hangouts di web mulai dialihkan ke Obrolan di web," terang Google.

Siapa saja pengguna yang akan terpengaruh dalam fase ini?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa penonaktfan operasi Google Hangouts akan resmi dilakukan secara serentak. Sehingga seluruh pengguna akan terdampak.

Karenannya, Google menghimbau para penggunanya untuk beralih menggunakan Google Chat untuk tetap menunjang kebutuhan akan pertukaran informasi mereka. Namun, Google kini telah mengalihkan perhatian ke akun pribadi gratis yang masih memiliki akses ke Hangouts klasik. 

"Google Hangouts sedang ditingkatkan ke Google Chat pada akhir 2022 bagi mereka yang belum meningkatkan. Beberapa orang mungkin sudah pindah ke Google Chat dan mungkin tidak lagi dapat menggunakan Google Hangouts di beberapa platform," tulis Google.

Bagaimana dengan cadangan obrolan?

Hangouts di web, termasuk percakapan dan riwayat pengguna, akan terus tersedia. Akses ke Hangouts di web akan tersedia setidaknya hingga Oktober 2022. Setelah ini, pengguna akan dialihkan ke Google Chat di web. Untuk mengunduh semua cadangan obrolan para pengguna dapat menggunakan Google Takeout untuk mengunduh data mereka hingga setidaknya hingga November 2022 mendatang.

Berikut adalah cara mengunduh data dari Hangouts dan mengekspornya dalam file arsip yang dapat diunduh.

Cara mengunduh riwayat obrolan Google Hangouts melalui Google Takeout

- Buka Google Takeout dan masuk dengan akun Google yang Anda gunakan di Hangouts.

- Pilih hanya aplikasi Hangouts dan klik Langkah Berikutnya.

- Dalam metode pengiriman, klik unduhan satu kali untuk cadangan.

- Pilih jenis file.

- Klik untuk mengekspor media.

- Google akan mengirimi Anda pesan setelah mulai menyalin file dari Hangouts.

- Anda akan menerima email setelah proses selesai.

- Unduh file yang diterima di email.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

google aplikasi
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top