Usai Disuntik Sinarmas & Lazada, DANA Layani QRIS Lintas Negara

Khadijah Shahnaz
Kamis, 1 September 2022 | 21:59 WIB
Siluet warga melakukan transaksi melalui aplikasi DANA di Jakarta, Jumat (7/1/2021). Bisnis/Arief Hermawan P
Siluet warga melakukan transaksi melalui aplikasi DANA di Jakarta, Jumat (7/1/2021). Bisnis/Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA DANA sukses menjadi startup dompet digital pertama yang mengimplementasikan pembayaran lintas negara dengan QR Code berbasis QRIS. Capaian ini terealisasi tidak lama setelah perusahaan yang dirintis Grup Emtek tersebut kedatangan Grup Sinarmas dan Lazada sebagai investor.

CEO & Co-Founder DANA Indonesia Vince Iswara, mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk menjadi jembatan literasi dan inklusi keuangan Indonesia. Salah satunya dengan memperluas akses layanan keuangan bagi banyak kalangan, termasuk warga Indonesia yang memerlukan transaksi lintas negara.

Thailand menjadi sasaran pertama. Vince menjelaskan bahwa saat ini, pengguna aplikasi DANA yang melakukan perjalanan ke Thailand sudah dapat menikmati kemudahan pembayaran kepada beberapa merchant di Negeri Gajah Putih. Seperti merchant Bangkok Bank, dengan cara memindai QR melalui aplikasi DANA.

Begitu pula turis Thailand yang datang ke Indonesia dan berbelanja di merchant QRIS DANA. Mereka dapat melakukan pembayaran dengan mudah di merchant Indonesia melalui aplikasi pembayaran Thailand miliknya.

“Didukung teknologi inklusif dan platform ekosistem terbuka yang DANA miliki, kami siap menghadirkan pengalaman bertransaksi digital lintas negara yang prima untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna.” Ujar Vince dalam keterangan resmi pada Kamis (1/8/2022).

Dalam partipasinya mendukungpertumbuhan ekonomi digital Indonesia, DANA mengkalim turut memudahkan proses onboarding mandiri mitra di berbagai skala.

Vince menambahkan saat ini DANA telah dipercaya oleh lebih dari 23,5 juta merchant yang tergabung dalam jaringan QRIS nasional, termasuk 500.000 UMKM mitra DANA Bisnis yang memanfaatkan QRIS sebagai metode pembayaran. 

“Selama ini peningkatan adopsi QRIS selalu kami dampingi dengan edukasi yang berkelanjutan, baik untuk UMKM maupun masyarakat umum di seluruh Tanah Air. Oleh karena itu, kami juga akan menerapkan hal yang sama yaitu edukasi bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk menyukseskan penggunaan QR Cross Border yang berkelanjutan,” pungkas Vince. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper