Survei: Shopee Jadi E-Commerce Paling Populer di Indonesia

Khadijah Shahnaz
Selasa, 23 Agustus 2022 | 14:18 WIB
Salah satu kantor milik e-commerce Shopee/India Times
Salah satu kantor milik e-commerce Shopee/India Times
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Shopee, e-commerce milik Sea Group menjadi e-commerce yang paling dikenal dan dipilih oleh masyarakat Indonesia berdasarkan survei yang dilakukan BOI Labs.

Berdasarkan survei BOI Labs, dalam 3 bulan terakhir, e- commerce di Indonesia berhasil merengkuh penetrasi pasar sebanyak 64 persen. Shopee merupakan merek e-commerce yang paling dikenali seluruh konsumen (90 persen), diikuti oleh Lazada (66 persen) dan Tokopedia (64 persen).

Sebagai informasi, survei ini dilakukan pada 24 Juni-17 Juli 2022 dengan 587 responden berusia 18 hingga 44 tahun, baik di perkotaan maupun pedesaan. Survei ini juga menggunakan metode CASI (survei online) dengan pengambilan sampel kuota multi-tahap. 

Survei ini menilai konsumen dengan socio economic status (SES) menengah ke bawah memiliki brand awareness e-commerce yang lebih rendah dibandingkan konsumen lainnya.

Dalam survei ini, Shopee dinilai menjadi platform e-commerce nomor 1 di Indonesia. Hal ini dikarenakan Shopee menjadi e-commerce yang paling dikenal, dipertimbangkan (73 persen), dan digunakan (63 persen) oleh konsumen. Shopee juga dipilih sebagai e-commerce favorit sebagian besar konsumen (65 persen), terutama perempuan.

Meskipun duduk di urutan kedua e-commerce yang dikenal, Lazada masih belum efektif untuk mengkonversi dari dikenal menjadi dipertimbangkan (18 persen), sehingga berdampak pada rendahnya angka penggunaan (12 persen) pada platform biru pink ini. Lazada juga hanya mendapatkan 8 persen sebagai e-commerce favorit.

Sementara itu, walaupun duduk di posisi ketiga tertinggi untuk brand awareness, Tokopedia lebih mampu mendorong konversi dari dikenal ke pertimbangankan (32 persen) daripada Lazada. Tokopedia pun dipergunakan 19 persen dan menjadi favorit 17 persen.

BOI Labs pun menilai Shopee dapat menduduki peringkat atas ini dikarenakan 3 hal. Pertama, promosi, Shopee merupakan satu anak perusahaan dari SEA Group, yang didanai oleh investor dari Tencent. Berkat dana investor, Shopee dapat mengeluarkan berbagai jenis promosi.

Selain besar di promosi, Shopee juga memperhatikan iklan mereka, berkolaborasi dengan tokoh yang lekat dengan SES menengah ke bawah agar Shopee terlihat lebih familier.

Kedua, fitur games di Shopee didesain untuk meningkatkan customer engagement, sehingga konsumen tetap berada dalam aplikasi Shopee. 

Ketiga, Shopee menyediakan berbagai fitur untuk memudahkan konsumen membayar. Fitur e-wallet seperti ShopeePay serta peminjaman uang seperti SPayLater dan Spinjam menambah daya beli konsumen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper