Purwarupa Komputer Apple-1 Steve Jobs Dilelang, Tawaran Tertinggi Sentuh Rp4,1 Miliar

Nabila Dina Ayufajari
Selasa, 26 Juli 2022 | 11:08 WIB
Steve Jobs/entrepreneur
Steve Jobs/entrepreneur
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Lembaga lelang RR Auction yang berbasis di Boston, AS, melelang purwarupa komputer Apple-1 yang dikembangkan oleh mendiang pendiri Apple, Steve Jobs. Tawaran tertinggi kini mencapai US$278.005 atau Rp4,1 miliar.

Penawaran lelang akan berakhir pada 18 Agustus 2022 mendatang dan harganya diperkirakan akan jauh lebih tinggi saat ditutup.

Dilansir dari Bloomberg pada Selasa (26/7/2022), sebelumnya lelang RR menjual komputer Apple-1 pada September 2018 seharga US$375.000 atau Rp5,6 miliar.

Apple-1 dikembangkan oleh Steve Jobs dan rekannya. Adapun desain dan perakitan Apple-1 menjadi bagian penting dari sejarah perusahaan. Penjualan komputer awal Apple yang sukses mengubah arah perusahaan menjadi raksasa teknologi saat ini.

Sementara itu, prototipe yang dianggap sudah “hilang” adalah perangkat yang digunakan oleh pendiri Apple untuk mendemonstrasikan Apple-1 kepada pemilik toko komputer pribadi Paul Terrell pada 1976.

Menurut deskripsi item di situs web RR Auction, Jobs dan rekan kerja pendiri Steve Wozniak awalnya membayangkan komputer Apple-1 sebagai bagian dari kit do-it-yourself (DIY) seharga US$40. Terrell meyakinkan para pengusaha untuk mengubah produk menjadi komputer pribadi seharga US$666.66 dan segera kejayaan Apple dimulai.

“Tidak ada Apple-1 tanpa purwarupa ini—ini adalah cawan suci Steve Jobs dan memorabilia Apple,” kata Bobby Livingston, wakil presiden eksekutif di RR Auction.

Prototipe disolder oleh tangan Wozniak pada papan sirkuit “Apple Computer A” yang unik, menurut deskripsi rumah lelang. Purwarupa ini menunjukkan “teknik tiga tangan” Wozniak yang tidak biasa menggunakan kawat di satu tangan, menyolder besi di tangan yang lebih tua, dan menyolder dengan mulutnya.

Pada 1976, Terrell mengambil foto Polaroid dari purwarupa ini, yang dicocokkan dengan papan sirkuit. Prototipe diperiksa dan diautentikasi pada 2022 oleh ahli Apple-1 Corey Cohen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper