Tokopedia: Produk Kesehatan, Makmin dan Otomotif Paling Banyak Dibeli Konsumen pada Kuartal II/2022

Media Digital
Rabu, 13 Juli 2022 | 08:00 WIB
Foto: Dok. Tokopedia
Foto: Dok. Tokopedia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Tokopedia merilis tren belanja masyarakat pada kuartal II/2022. Kategori kesehatan, makanan dan minuman, perawatan tubuh dan otomotif menempati posisi teratas belanja masyarakat Tanah Air.

“Tokopedia mencatat kesehatan, makanan dan minuman [makmin], rumah tangga, perawatan tubuh dan otomotif menjadi beberapa kategori yang paling dicari masyarakat Indonesia pada kuartal II tahun 2022,” kata Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, dalam keterangan resmi, Senin (11/7/2022).

Pada kategori kesehatan, beberapa produk yang paling laris, antara lain tisu, masker kesehatan, dan obat herbal. Untuk kategori makmin, buah-buahan, susu bubuk, serta minyak goreng adalah beberapa produk yang paling laku.

Tokopedia juga mencatat pada kategori rumah tangga produk benih bibit tanaman, seprai dan bed cover serta gantungan baju menjadi beberapa produk paling dicari. Untuk kategori perawatan tubuh, parfum dan cologne, body lotion, vitamin dan serum rambut menjadi beberapa produk yang banyak diburu masyarakat.

Adapun, untuk produk otomotif, lampu motor dan mobil, aksesori body motor, serta radiator dan komponen mobil merupakan beberapa produk paling laris.

Gedung Tokopedia
Gedung Tokopedia

“Kami juga melihat temuan menarik lainnya dari perilaku belanja masyarakat. Contohnya, Tokopedia mencatat pengiriman terjauh di Tokopedia pada kuartal II tahun 2022 adalah dari Karawang ke Ternate,” tambah Ekhel.

Dia menjelaskan tren belanja konsumen khususnya untuk kesehatan juga dipengaruhi oleh beberapa inisiatif seperti Tokopedia Peduli Sehat, yang bekerja sama dengan pegiat usaha di industri kesehatan, Tokopedia NOW! yang membantu masyarakat memenuhi produk harian dalam waktu maksimal 2 jam pengiriman setelah pembayaran. Juga terdapat Tokopedia Nyam! yang menyediakan aneka produk makmin dari UMKM lokal.

Selain itu, terdapat juga Home Living SALEbrations, yang merupakan kampanye terbesar pada kategori rumah tangga, serta Cantik Fest, kampanye yang menyediakan kebutuhan berbagai produk seperti kecantikan, rumah tangga, fesyen, hingga peralatan olahraga.

“Tak ketinggalan, ada Tokopedia Garage yang menyediakan berbagai kebutuhan otomotif pilihan untuk menjaga performa kendaraan,” tambahnya. 

Ekhel menambahkan sebagai bentuk dukungan terhadap UMKM lokal di seluruh wilayah Indonesia, Tokopedia juga terus menggencarkan inisiatif Hyperlocal, yang mengusung teknologi geo-tagging untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat, misal lewat Digitalisasi Pasar Tradisional dan kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP). 

Melalui inisiatif Hyperlocal Tokopedia mencatat beberapa tren pada kuartal II tahun 2022 jika  dibandingkan periode yang sama 2021.

Pertama, wilayah dengan kenaikan jumlah penjual paling tinggi berasal dari Manado, Balikpapan dan Denpasar. Kedua, wilayah dengan peningkatan jumlah pembeli paling tinggi berasal dari Padang, Palu dan Brebes. Ketiga, wilayah dengan kenaikan jumlah transaksi paling tinggi dari Balikpapan, Palu dan Manado.

“Tokopedia akan terus berupaya mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan harian sekaligus mendukung pertumbuhan pelaku UMKM lokal agar turut mendorong pemulihan ekonomi nasional,” imbuh Ekhel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper