WhatsApp Rilis Fitur Baru, Transfer Riwayat Chat Android ke iPhone

Rahmi Yati
Rabu, 15 Juni 2022 | 10:43 WIB
Logo WhatsApp / whatsapp.com
Logo WhatsApp / whatsapp.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - WhatsApp dikabarkan menambahkan fitur baru yang memungkinkan pengguna bisa mengirim riwayat percakapan dari Android ke iPhone setelah sebelumnya hanya mengizinkan pengiriman obrolan dengan cara sebaliknya.

Dikutip dari laman The Verge, Rabu (15/6/2022), fitur baru tersebut diumumkan oleh CEO Meta Mark Zuckerberg dalam sebuah postingannya di Facebook.

"Kami menambahkan ke WhatsApp kemampuan untuk beralih antarponsel dengan aman dan mentransfer riwayat obrolan, foto, video, dan pesan suara Anda antara Android dan iPhone sambil mempertahankan enkripsi ujung ke ujung," tulis Zuckerberg.

Dia menjelaskan ini adalah fitur yang paling banyak diminta. Meta meluncurkan kemampuan untuk beralih dari iPhone ke Android tahun lalu, dan sekarang menambahkan Android ke iPhone juga.

Adapun hadirnya fitur baru tersebut akan menjawab permasalahan yang banyak dikeluhkan pengguna selama ini, yang secara historis sulit untuk mentransfer obrolan antara dua sistem operasi seluler.

Sebagaimana diketahui, selama ini sangat mudah untuk mentransfer obrolan dari satu perangkat iOS ke perangkat lain atau dari satu perangkat Android ke perangkat lainnya, tetapi umumnya tidak antara dua sistem operasi yang berbeda tersebut.

Kendati demikian, fitur baru ini disebut-sebut hanya berfungsi pada iPhone baru atau yang disetel ulang ke pabrik dan menggunakan aplikasi Pindah ke iOS Apple yang ada untuk Android (yang sudah membantu memindahkan kontak, entri kalender, pesan SMS, dan banyak lagi).

Selama pengaturan iPhone, pilih opsi "Pindahkan data dari Android", lalu ikuti langkah-langkah di aplikasi Android. Setelah iPhone sepenuhnya diatur, buka WhatsApp dan masuk menggunakan nomor telepon yang sama. Riwayat obrolan Android Anda yang sudah ada sebelumnya akan muncul.

Untuk memulai transfer, Anda harus menjalankan Android 5 atau lebih tinggi di perangkat Android dan iOS 15.5 di iPhone Anda. Sayangnya, jika Anda sudah memiliki riwayat obrolan iOS yang sudah ada sebelumnya, riwayat Android yang diimpor akan menimpanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper