Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 4 Manfaat Menggunakan Layanan VPN, Melindungi Privasi

Ada sejumlah manfaat tersendiri ketika kita memutuskan menggunakan layanan VPN. Berikut beberapa di antaranya.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 30 Mei 2022  |  19:30 WIB
Ini 4 Manfaat Menggunakan Layanan VPN, Melindungi Privasi
Lintasarta Mobile Workforce VPN menyediakan tunnel dan bisa ditambahkan kemanan lebih lanjut agar menjamin keamanan pelanggan. - Lintasarta
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Virtual Private Network atau VPN pada dasarnya bertugas menyembunyikan lokasi pengguna dan mengubah alamat Internet Protocol (IP) mereka ke negara tempat server ditempatkan.

Dengan demikian, VPN ini memberikan kesan bahwa pengguna berada di negara tertentu.

Oleh karenanya pula, ia kemudian banyak dimanfaatkan oleh pengguna internet untuk melindungi data pribadi saat melakukan berbagai aktivitas secara daring.

Alat tersebut lantas makin populer dengan perkembangan situasi yang mengharuskan banyak orang bekerja dari rumah. Selain itu, maraknya penggunaan VPN juga didorong oleh peningkatan kesadaran digital selama beberapa tahun terakhir.

Berkaitan dengan itu, perusahaan keamanan siber Kaspersky pun merangkum beberapa kapabilitas unik dari VPN. Apa saja? Berikut ulasannya.



1. Melindungi data bisnis dari mana saja

Bekerja dari rumah atau dari mana saja telah menjadi hal yang umum sejak pandemi berlangsung. Riset Owl Labs mengenai kerja jarak jauh menemukan, hampir 70 persen karyawan secara penuh bekerja dari rumah selama pandemi.

Kendati pola kerja ini menawarkan kenyamanan dan fleksibilitas bagi bisnis dan karyawan, tapi ada risiko keamanan siber yang mengintai terkait koneksi internet yang dipakai. Untuk itu, VPN menjadi alat penting untuk melindungi privasi dan keamanan bisnis dengan mengamankan lalu lintas data serta titik akhir pengguna melalui enkripsi.



2. Akses cepat di mana saja

Penyedia jasa internet terkadang membatasi akses ke berbagai layanan seperti situs web, gim, dan portal lainnya sehingga menyebabkan situs yang sama dimuat dengan kecepatan berbeda di negara yang berbeda pula.

Oleh sebab itu, pengguna bisa memanfaatkan VPN untuk menghindari masalah ini dengan cara mengubah geografi server. Ini memungkinkan mereka untuk menghapus batasan pada situs pemuatan dan menghindari pengaturan kecepatan lalu lintas.



3. Hasil lokal pencarian

Mesin pencari (browser) menyaring dan menyusun kueri berdasarkan lokasi pengguna, yang berarti situs dan portal lokal yang berisi informasi tentang permintaan mereka akan ditempatkan pada bagian atas daftar tersebut.

Untuk itu, akan sangat baik bila pengguna memanfaatkan VPN supaya bisa menemukan rekomendasi tempat atau atraksi menarik ketika akan atau tengah berkunjung ke wilayah atau negara lain. Ini memungkinkan pengguna untuk menjelajahi pencarian berdasarkan peringkat lokal dan mendapat hasil yang lebih sesuai.



4. Streaming konten dari seluruh dunia

Fitur VPN yang juga banyak dimanfaatkan oleh pengguna adalah memungkinkan perluasan geografi konten yang tersedia di platform streaming. Pasalnya, beberapa layanan melokalkan konten mereka berdasarkan tiap wilayah.

Hal ini membuat pengguna di negara tertentu akan melihat konten lokal yang berbeda dengan pengguna di negara lainnya. Nah, VPN dalam hal ini memungkinkan pengguna mengakses konten dari lokasi geografis yang berbeda.

-----

Berita ini telah tayang di Hypeabis.id dengan judul "4 Manfaat Menggunakan Layanan VPN yang Perlu Kalian Tahu"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

teknologi internet vpn

Sumber : JIBI/Hypeabis.id

Editor : Aliftya Amarilisya
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top