Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Delegasi DEWG G20 Terkendala IMEI, Operator Seluler Siap Bantu

Operator seluler siap membantu para delegasi DEWG G20 yang terkendala IMEI saat mengaktifkan ponselnya di Indonesia.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 17 Mei 2022  |  15:30 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate menyampaikan paparannya dalam acara
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate menyampaikan paparannya dalam acara "kick off" Digital Economy Working Group (DEWG) Presidensi G20 Indonesia di Jakarta, Selasa (15/3/2022). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra - POOL

Bisnis.com, JAKARTA - Operator seluler siap membantu mengatasi kendala layanan International Mobile Equipment Identity atau IMEI dari para delegasi sidang kedua Kelompok Kerja Ekonomi Digital Kelompok 20, atau Digital Working Group of Twenty (2nd DEWG G20) di Kota Yogyakarta.

Salah seorang petugas dari Indosat Ibnu Mufid mengatakan perusahaan siap membantu persoalan IMEI dari para delegasi sidang DEWG G20. IMEI sendiri merupakan nomor identitas khusus yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah telepon seluler.

"Jika ada kendala soal IMEI nanti kami membantu untuk mengatasinya," kata Mufid dikutip dari laman Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Selasa (17/5/2022).

Dia menyebut pihaknya bekerja sama dengan Kemenkominfo terkait IMEI tersebut. Sejauh ini, belum ada kendala IMEI yang dilaporkan dari delegasi DEWG G20.

Senada, petugas dari Smartfren, Lukman, memastikan juga akan membantu para delegasi DEWG G20 terkait IMEI. Perusahaan telah bekerja sama dengan Kemenkominfo serta Kementerian Perindustrian.

"Sejauh ini kami juga belum menerima keluhan soal IMEI dari peserta DEWG G2O," tuturnya.

Sebagai informasi, nomor IMEI biasanya terdiri dari 14 digit dengan tambahan digit ke-15 yang digunakan untuk memverifikasi ulang seluruh digit sebelumnya.

Digit ini digunakan untuk memeriksa berbagai informasi dari telepon seluler itu sendiri. Mulai dari asal ponsel tersebut dibuat, pabrikan, dan nomor model dari telepon seluler.

IMEI tidak hanya bisa digunakan untuk mengidentifikasi perangkat seluler, tetapi juga untuk memblokir telepon seluler yang hilang dan dicuri.

Adapun sidang kedua atau 2nd Digital Economy Working Group (DEWG) Meeting Presidensi G20 Indonesia berlangsung secara hibrida mulai hari ini, 17 - 19 Mei 2022 di Hotel Tentrem, Yogyakarta.

Sebanyak 15 delegasi negara G20 hadir secara langsung di Yogyakarta. Selain Indonesia, forum ini dihadiri delegasi dari Amerika Serikat, Argentina, Australia, Brazil, Prancis, Jerman, Inggris, India, Italia, Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi, Turki, dan Uni Eropa. Sementara lima negara lainnya hadir secara daring, yakni Kanada, China, Meksiko, Afrika Selatan dan Rusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

g20 kominfo kemenkominfo operator seluler operator telekomunikasi
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top