Aplikasi Sastra Healing Mahasiswa Ini Berhasil Sabet Medali Emas di YISF 2022, Apa Keunggulannya?

Setyo Puji Santoso
Selasa, 22 Maret 2022 | 15:48 WIB
Mahasiswa UNS saat menunjukkan medali emas di ajang YISF/Humas UNS
Mahasiswa UNS saat menunjukkan medali emas di ajang YISF/Humas UNS
Bagikan

Bisnis.com, SOLO-Prestasi membanggakan kembali ditorehkan tiga mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Baru saja, Pradana Ricardo, Nurfitria Difanti, dan Amanda Komsatun Sa'diyyah dari Program Studi (Prodi) Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNS menggondol medali emas Youth International Science Fair (YISF) 2022.

Kompetisi tersebut diselenggarakan di Universitas Dian Nuswantoro, Semarang pada 14–17 Maret 2022. Ketua tim, Pradana Ricardo menyampaikan bahwa mereka mengusung sebuah aplikasi bernama Sastra Healing.
Aplikasi ini berisi hasil kerja alih wahana karya sastra, yaitu puisi menjadi musikalisasi puisi dan Cerpen menjadi sandiwara sastra.

Mahasiswa semester enam tersebut menambahkan bahwa dalam aplikasi juga terdapat menu instrumen musik yang digunakan untuk meningkatkan fokus pendengar. Secara umum, tujuan aplikasi ini adalah untuk mengurangi rasa cemas dan stres pada mahasiswa.

“Hal yang melatarbelakangi kami adalah pandemi Covid-19 yang mengakibatkan adanya peralihan proses pembelajaran luring menjadi daring. Hal itu membawa beberapa dampak, di antaranya adalah peningkatan rasa stres dan cemas dari mahasiswa karena banyak tugas yang harus diselesaikan. Oleh karena itu kami mencoba mengusung aplikasi ini,” kata Pradana Ricardo dalam keterangan tertulis, Selasa (22/3/2022).

Kompetisi ini diikuti oleh 673 tim dari 23 negara, antara lain Indonesia, Amerika Serikat, Thailand, Malaysia, Turki, Uni Arab Emirat, Macedonia, Serbia, dan Rusia. Sebanyak 35 tim di antaranya mengikuti kegiatan secara luring.

Sementara itu, Amanda Komsatun Sa'diyyah mengaku sangat bersyukur dan senang mendapat medali emas dalam kompetisi tersebut. Ia berharap semoga aplikasi ini dapat diluncurkan dan bermanfaat bagi para mahasiswa.

Hal senada juga diungkapkan oleh Difanti. Ia mengatakan bahwa tidak menyangka mendapat medali emas karena saat sesi penilaian, dirinya merasa kurang maksimal.

“Overall seneng banget sih pasti. Alhamdulillah bisa berkesempatan ikut kompetisi ini dan bisa dapat gold medal. Harapan ke depan, semoga aplikasinya bisa dikembangkan dan release secara resmi supaya bisa dimanfaatkan untuk teman-teman mahasiswa di luar sana. Melalui pencapaian ini, semoga jadi pemicu untuk lebih berprestasi lagi ke depannya,” tutup Difanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper