Jaringan 5G MotoGP Mandalika, Diharapkan Bisa Dipakai Masyarakat

Rahmi Yati
Jumat, 18 Maret 2022 | 20:25 WIB
Sirkuit Mandalika/Twitter MotoGP
Sirkuit Mandalika/Twitter MotoGP
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (Atsi) berharap usai gelaran MotoGP Mandalika yang berlangsung 18–20 Maret 2022, jaringan 5G yang tersedia masih bisa digunakan untuk menunjang aktivitas masyarakat.

Direktur Eksekutif Atsi Syachrial Syarif mengatakan dengan telah tersedianya jaringan terbaik, diharapkan bisa dimanfaatkan masyarakat setempat untuk mendukung berbagai aspek kehidupan di sana, antara lain pendidikan, bertumbuhnya UMKM termasuk pariwisata.

"Sebagaimana diketahui bahwa Mandalika ini merupakan salah satu dari 10 destinasi wisata prioritas yang membutuhkan infrastruktur pendukung lainnya seperti jaringan telekomunikasi terbaik," ujarnya, Jumat (18/3/2022).

Dia menyebut upaya operator mendukung penuh kelancaran penyelenggaraan MotoGP 2022 di Mandalika ini merupakan bentuk keseriusan menyediakan layanan telekomunikasi terbaik dan terbaru, yaitu 5G.

Menurutnya, penggelaran yang telah dilakukan jauh sebelum terselenggaranya MotoGP ini juga dimaksudkan untuk memberi keyakinan baik bagi operator sendiri maupun panitia serta Pemerintah Indonesia, bahwa jaringan yang tersedia sudah benar-benar andal pada saat kegiatan internasional tersebut berlangsung.

Bukan itu saja, sambung Syahrial, ratusan Base Transceiver Station (BTS) 5G yang secara khusus dipersiapkan untuk memberikan layanan terbaik di sana tentu saja sudah melalui kajian teknis dan bisnis.

"Sekali lagi jaringan dan layanan telekomunikasi memberikan perannya sebagai enabler pertumbuhan ekonomi dalam mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dengan telah tersedianya jaringan terbaik diharapkan bisa dimanfaatkan masyarakat setempat untuk mendukung berbagai aspek kehidupan di sana," tutupnya.

Sementara itu, dalam rangka menyukseskan perhelatan MotoGP 2022 di Mandalika, Telkomsel memperkuat dan menambah kapasitas 382 BTS 4G/LTE yang telah berdiri dan melayani kebutuhan akses broadband masyarakat di kawasan setempat.

Jaringan Hyper 5G Telkomsel juga turut dihadirkan di kawasan Mandalika dengan dukungan 16 BTS 5G serta showcase “Telkomsel 5G Experience” dengan enam use case yang memberikan pengalaman aktivitas digital terbaik dan berbeda bagi masyarakat dan pengunjung.

"Telkomsel turut menghadirkan ragam program, produk, dan layanan terdepan guna melengkapi sekaligus menunjang berbagai kebutuhan gaya hidup digital pelanggan selama berada di kawasan Mandalika," kata Direktur Network Telkomsel Nugroho.

Terpisah, Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa menilai momentum ini sekaligus menjadi sarana yang sangat bagus bagi perusahaan untuk menambah jam terbang dalam mengelola jaringan 5G.

Dia menyebut, mulai hari ini, 18 Maret 2022, layanan data dan internet super cepat dari XL Axiata sudah bisa diakses oleh pelanggan dengan menggunakan ponsel 5G di sejumlah titik di seputar Sirkuit Mandalika dan sepenuhnya gratis atau sama sekali tidak dikenakan biaya.

Menurutnya, berbagai persiapan di lapangan telah tuntas, dan per hari ini, layanan data dan internet super cepat tersebut sudah bisa diakses oleh pelanggan dengan menggunakan ponsel 5G.

"Layanan 5G dari XL Axiata ini akan bisa diakses di sejumlah titik di seputar Sirkuit Mandalika dan sepenuhnya gratis," kata I Gede.

Sebelumnya XL Axiata juga gencar melakukan peningkatan kualitas jaringan 4G di area Mandalika dan di seluruh penjuru Lombok. Pada jaringan 4G, XL Axiata telah mempersiapkan penambahan kapasitas dan jangkauan jaringan di beberapa titik di sekitar area Mandalika, di antaranya penggunaan teknologi terbaru Massive MIMO serta penambahan hingga 9 Mobile BTS (MBTS) pada titik-titik hotspot serta titik-titik akses kawasan, guna memastikan kelancaran aktifitas internet bagi pengunjung, masyarakat serta satuan kerja pada area kawasan.

Layanan XL Axiata telah hadir di 54 kecamatan dan 5 kabupaten/kota di Lombok. Total ada lebih dari 4.000 BTS di seluruh Lombok, dengan 1.700 di antaranya BTS 4G. Jumlah BTS 4G tersebut masih akan terus meningkat mengingat saat ini XL Axiata juga masih melakukan perluasan di semua kabupaten yang ada di Lombok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper