Ini Cara Hapus Cache di iPhone, Biar Tidak Lemot

Rahmi Yati
Rabu, 23 Februari 2022 | 06:05 WIB
iPhone 13 pro, iPhone 13, iPhone 12, iPhone SE
iPhone 13 pro, iPhone 13, iPhone 12, iPhone SE
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyaknya file 'sampah' atau cache di perangkat elektronik termasuk iPhone berisiko membuat kinerjanya melambat atau lemot.

Dikutip dari laman Macworld, Selasa (22/2/2022), iPhone cenderung lemot karena secara bertahap terhambat oleh beberapa file dan aplikasi yang tidak diinginkan.

Kendati demikian, terdapat cara mudah membersihkan file-file 'sampah' dan cache tersebut dari memori perangkat iPhone agar Anda bisa berselancar dengan lebih cepat tanpa adanya gangguan. Begini caranya:

Ini Cara Hapus Cache di iPhone:

  1. Buka Pengaturan, dan gulir ke bawah ke grup opsi kelima (dimulai dengan Kata Sandi & Akun). Ketuk Safari.
  2. Gulir ke bawah dan ketuk 'Hapus Riwayat dan Data Situs Web'.
  3. Kemudian, ketuk 'Hapus Riwayat dan Data'
  4. Hapus data aplikasi yang tidak diinginkan

Data yang disimpan oleh aplikasi lain dapat dibersihkan menggunakan opsi Penggunaan di Pengaturan. Caranya, Ketuk Pengaturan > Umum > Penyimpanan iPhone.

Di bagian bawah layar (di bawah rekomendasi cara menghemat ruang), Anda akan melihat aplikasi Anda, diatur menurut jumlah penyimpanan yang digunakan. Ketuk aplikasi yang menghabiskan banyak ruang. Periksa gambar untuk Dokumen & Data. Ini termasuk media terkait seperti gambar, lagu dan podcast, save game dan preferensi.

Jika Anda memutuskan untuk melanjutkan, ketuk Hapus Aplikasi, konfirmasi, lalu buka App Store (atau daftar Pembelian Anda) dan unduh ulang. Instalasi bersih ini tidak akan menyertakan data dan dokumen sehingga akan lebih kecil.

Namun selain itu, biasanya untuk sebagian besar, iOS melakukan pekerjaan yang baik dalam mengelola memori tanpa keterlibatan pengguna.

Selain itu dinilai memulai ulang iPhone dari waktu ke waktu adalah cara yang baik untuk mengosongkan memori dan memastikan aplikasi penting memiliki cukup ruang untuk berjalan dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper