Cara Daftar WhatsApp Business, Simak langkah-langkahnya!

Tresia
Jumat, 7 Januari 2022 | 14:58 WIB
Ilustrasi WhatsApp Bussiness
Ilustrasi WhatsApp Bussiness
Bagikan

Bisnis.com, Jakarta - WhatsApp Business merupakan salah satu aplikasi gratis yang sangat membantu bisnis online dalam menjalin hubungan dengan pelanggan selama pandemi Covid-19.

Aplikasi tersebut yang memungkinkan pengguna untuk melakukan bisnis melalui WhatsApp. Tak heran, WhatsApp Business dirancang khusus untuk mempermudah para pelaku usaha dalam menjalankan bisnis mereka.

Dengan memanfaatkan WhatsApp Business, para pelaku usaha dapat mengawasi produk dan layanan dengan sangat mudah. Pasalnya, WhatsApp business dapat terhubung secara personal dengan pelanggan yang akan melakukan transaksi atau menanyakan produk yang ditawarkan pebisnis, serta dapat menjawab keluhan dan pertanyaan pelanggan secara otomatis.

Selain itu, WhatsApp Business juga memiliki beberapa fitur berbeda dengan WhatsApp Messenger umumnya yang biasa digunakan hanya untuk komunikasi dengan keluarga atau rekan kerja.

Mengutip dari laman resmi milik WhatsApp pada Jumat (7/1/2022), berikut cara untuk membuat akun WhatsApp Business agar mempermudah aktifitas Anda dalam menjalankan usaha di tengah pandemi Covid-19

Sebelum anda mendaftarkan akun WhatsApp anda menjadi akun bisnis, sebaiknya anda cadangkan akun WhatsApp Messenger. Hal ini bertujuan agar riwayat chat Anda tidak hilang.

Berikut langkah-langkah mudah mendaftarkan WhatsApp Business:

  • Buka WhatsApp Messenger
  • Klik titik tiga pada pojok kanan atas
  • Lalu klik Setelan
  • Setelah itu, klik Chat, kemudian klik Cadangan chat, dan klik Cadangkan Sekarang
  • Setelah pencadangan selesai, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Selanjutnya, Anda dapat mengunduh aplikasi WhatsApp Business di AppStore atau Playstore yang tersedia pada handphone Anda.

Setelah itu, daftarkan nomor telepon Anda. Aplikasi WhatsApp Business memiliki kemampuan mengenali nomor telepon yang Anda gunakan di WhatsApp Messenger secara otomatis.

Untuk melanjutkan, Anda bisa klik opsi dengan nomor telepon bisnis Anda. Berikut melakukan transfer atau memindahkan akun Anda ke WhatsApp Business:

  • Pastikan Anda tetap membuka aplikasi WhatsApp Business dengan telepon terus menyala hingga proses transfer akun selesai.
  • Meski proses transfer akan dilakukan secara otomatis, tetapi Anda mungkin akan tetap diminta untuk memulihkan dari cadangan
  • Selanjutnya, anda bisa Klik "lanjut" atau Pulihkan lalu klik "lanjut" jika diminta.
  • Setelah itu, Anda bisa buka akses WhatsApp ke kontak dan foto Anda. Keunggulan lainnya, Kontak dari buku alamat telepon Anda dapat dideteksi dan ditambahkan ke aplikasi WhatsApp Business. Selain itu, Anda juga dapat mengizinkan akses seperti foto, video, dan file yang ada pada telepon Anda.

Selanjutnya, Anda bisa membuat akun dengan masukkan nama bisnis, pilih kategori bisnis, lalu pilih foto profil. Anda menambahkan atau memasukkan informasi bisnis penting tentang bisnis Anda seperti alamat, deskripsi, jam kerja, dan lain-lain yang sekiranya perlu untuk diketahui pelanggan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper