Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kualitas 4G Indonesia Belum Sesuai Harapan

Di beberapa daerah operator hanya menyiapkan jaringan 3G, bahkan 2G. Padahal era telah beralih ke digital. Kualitas jaringan 4G yang ada saat ini pun belum mencapai batas idealnya.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 10 Desember 2021  |  18:07 WIB
Petugas teknisi XL memeriksa perangkat jaringan BTS 4G di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, Rabu (14/6).  - Antara/Yulius Satria Wijaya
Petugas teknisi XL memeriksa perangkat jaringan BTS 4G di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, Rabu (14/6). - Antara/Yulius Satria Wijaya

Bisnis.com, JAKARTA — Meski setiap operator seluler mencatatkan peningkatan kualitas jaringan, kecepatan rata-rata unduh-unggah 4G operator di Indonesia masih jauh dari yang diharapkan. 

Direktur Eksekutif ICT Institute Heru Sutadi mengatakan kualitas jaringan 4G Indonesia masih belum maksimal dan merata. Di beberapa daerah operator hanya menyiapkan jaringan 3G, bahkan 2G. Padahal era telah beralih ke digital. Kualitas jaringan 4G yang ada saat ini pun belum mencapai batas idealnya.

“Idealnya 4G bisa 140 Mbps. Tetapi kan harus full bandwidth frekuensi 20 MHz. Karena banyak yang belum full dan dibagi bagi jadinya tidak maksimal,” kata Heru, Jumat (10/12/2021). 

Untuk meningkatkan kualitas jaringan 4G, Heru memperkirakan operator seluler pada tahun depan akan memadamkan layanan 3G dan mengalihkannya ke 4G dan 5G. 

Sementara itu, Ketua Pusat Kajian Kebijakan dan Regulasi Telekomunikasi Institut Teknologi Bandung (ITB) Ian Yosef M. Edward mengatakan secara desain kecepatan unduh 4G seharusnya mencapai 150 Mbps dan  kecepatan unggah sebesar 50 Mbps. 

Kondisi ideal tersebut sulit dicapai karena frekuensi yang digunakan di Indonesia dibagi-bagi ke banyak teknologi. 

“Kecuali daerah yang kosong, cukup satu operator seluler langsung 40 MHz digunakan semua,” kata Ian. 

Dia berpendapat jika tidak bisa mencapai 150 Mbps, kecepatan rata-rata untuk unduh minimal sebesar 25 Mbps untuk seluler. Kecepatan unggah minimal 15 Mbps. 

Dengan kecepatan sebesar itu, kata Ian, layanan internet yang diterima masyarakat sudah setara dengan kecepatan internet tetap atau fixed broadband. “Sudah nyaman 20 Mbps, mirip dengan serat optik,” kata Ian. 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

internet telekomunikasi 4g
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top