Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Ilustrasi pengemudi ojek daring Grab. - Reuters - Beawiharta
Lihat Foto
Premium

Grab Melantai di Nasdaq AS, Apa Kabar Kesejahteraan Mitra Pengemudi?

Langkah Grab melantai di bursa Nasdaq, Amerika Serikat, Kamis (2/12/2021), menjadi indikasi positif terhadap prospek perusahaan asal Singapura ini. Tetapi, masih ada pertanyaan besar terkait dampak IPO tersebut terhadap kesejahteraan para mitranya
Thovan Sugandi; Annisa Kurniasari Saumi
Thovan Sugandi; Annisa Kurniasari Saumi - Bisnis.com
03 Desember 2021 | 09:06 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Grab mulai melakukan pencatatan saham perdana atau IPO di bursa Nasdaq, Amerika Serikat, Kamis (2/12/2021). Melantainya raksasa teknologi asal Singapura ini diharapkan dapat turut meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan para mitra pengemudi.

Direktur Eksekutif Center of Economic and Law Studies (CELIOS) Bhima Yudhistira mengatakan IPO Grab merupakan suatu hal yang positif karena menunjukkan pasar ride hailing di Indonesia mampu meningkatkan valuasi digital dan berkembang pesat.

"Harapannya [dengan IPO] ada integrasi layanan dan juga bisa meningkatkan tentunya taraf hidup ataupun pendapatan dari para mitra driver online-nya," kata Bhima kepada Bisnis, Kamis (2/12/2021).

Bhima menyebut rencana Grab untuk IPO ini juga mencitrakan bahwa peluang ekonomi digital menjadi salah satu yang paling besar khususnya di Indonesia untuk cakupan Asia Pasifik. Tentunya, pertumbuhannya juga akan cukup pesat.

Maka dari itu, dia berharap pendanaan dari Grab ini juga dapat berdampak positif terhadap mitra UMKM baik melalui layanan GrabFood maupun GrabExpress. Kedua layanan itu diharapkan bisa terus dikembangkan hingga ke daerah-daerah di luar Pulau Jawa.

"Terutama daerah yang membutuhkan kehadiran aplikasi seperti Grab untuk menciptakan sumber-sumber perekonomian atau pertumbuhan ekonomi yang baru," ujarnya.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top