Telkomsel Luncurkan IoT Sphere, Ini Keunggulannya

Leo Dwi Jatmiko
Rabu, 24 November 2021 | 15:38 WIB
Ilustrasi Internet of things
Ilustrasi Internet of things
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) meluncurkan IoT Sphere, yakni solusi layanan keamanan IoT untuk memberi perlindungan pada jaringan pelanggan, serta menjaga kinerja dan produktivitas perusahaan di berbagai sektor, termasuk perbankan.

Vice President Internet of Things Telkomsel Alfian Manulang mengatakan transformasi digital makin masif saat ini. Berbagai perusahaan termasuk perbankan, terus berlomba untuk bertransformasi digital untuk memberikankan kemudahan bagi pelanggan. Salah satu upaya untuk bertransformasi digital yang dilakukan perusahaan adalah dengan mengimplementasikan teknologi IoT.

Telkomsel menghadirkan Telkomsel IoT Sphere untuk membuat aset IoT lebih aman dan terjaga dari berbagai potensi ancaman seperti virus maupun gangguan berbahaya lainnya.

“Hal itu dilakukan dengan mekanisme yang praktis, karena dilengkapi dengan sistem mitigasi yang dapat mendeteksi potensi ancaman secara otomatis dan real-time.” kata Alfian dalam siaran pers, Rabu (24/11/2021).

Sekadar informasi, Telkomsel IoT Sphere memiliki sejumlah keunggulan seperti Fitur Just on Click, yang membuat platform mudah dikonfigurasi dengan akses visual interaktif yang sederhana dan didukung sistem monitoring ancaman yang mendetail.

Di samping itu, ada juga fitur security and threats protection merupakan database berisikan berbagai jenis virus dari seluruh dunia, malware, maupun ancaman lainnya yang telah diintegrasikan sehingga memungkinkan platform secara otomatis melakukan tindakan pencegahan yang tepat.

Untuk sektor perbankan, kata Alfian, dapat memanfaatkan konektivitas VPN Telkomsel IoT Sphere untuk melindungi jaringan mesin ATM dari serangan siber seperti phishing maupun ancaman lainnya.

Kantor pelayanan publik seperti Samsat juga dapat mengoptimalkan sistem keamanan cloud Telkomsel IoT Sphere untuk menjaga keamanan data pengguna layanan dan aplikasi yang sangat sensitif.

“Hingga startup dompet digital untuk meningkatkan pengamanan transaksi konsumen melalui mesin Electronic Data Capture [EDC]” kata Alfian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper