Gojek dan Kominfo Kolaborasi, Tiga Elemen Ini Jadi Fokus

Rio Sandy Pradana
Rabu, 15 September 2021 | 08:00 WIB
Pengemudi Ojek Online membeli pesanan makanan yang diorder dari aplikasi di Jakarta. Bisnis/Arief Hermawan P
Pengemudi Ojek Online membeli pesanan makanan yang diorder dari aplikasi di Jakarta. Bisnis/Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Aplikasi Karya Anak Bangsa atau Gojek menyebut ada tiga elemen utama yang menjadi fokus kolaborasinya dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

CEO Gojek Kevin Aluwi mengatakan kolaborasi dengan Kementerian Kominfo ditekankan pada tiga elemen utama yaitu akselerasi kompetensi SDM digital, meningkatkan literasi digital masyarakat, dan mempercepat transformasi digital pada pada sektor ekonomi dan bisnis.

"Tiga area utama ini merupakan elemen yang vital untuk menciptakan solusi perekonomian berkelanjutan mempercepat transformasi digital dan menjaga laju pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap terjaga," katanya dalam siaran pers, Rabu (15/9/2021).

Dia mengapresiasi atas dukungan Kementerian Kominfo kepada pelaku industri ekonomi digital untuk mengembangkan inovasi dalam mendukung kemajuan ekonomi digital di Indonesia.

Menurutnya, teknologi digital memiliki peran yang sangat penting untuk mendukung perekonomian Indonesia, termasuk di masa pandemi. Gojek mendukung pemerintah untuk melakukan transformasi digital sebagai elemen kunci pemulihan ekonomi nasional.

Kevin mendukung UMKM bermigrasi dengan mudah ke ranah digital, meningkatkan kompetensi digital talent, hingga mengedukasi masyarakat tentang cara memanfaatkan teknologi digital dengan aman.

Dia berharap kolaborasi akan dapat memaksimalkan potensi Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital di Asia Tenggara. Selain itu, bisa mempercepat transformasi digital nasional yang sejalan dengan Rencana strategis Kemenkominfo.

Nota Kesepahaman Percepatan Transformasi Digital Melalui Edukasi dan Pelatihan Usaha Mikro Kecil dan Menengah serta Masyarakat Umum yang dirancang selama tiga tahun itu mencakup diseminasi, edukasi dan pelatihan terkait literasi digital melalui pemanfaatan layanan aplikasi Gojek dan afiliasinya.

Secara khusus mencakup pelatihan dan edukasi dalam rangka tata kelola kemananan siber, perlindungan data pribadi, dan peningkatan literasi digital bagi masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) secara berkelanjutan; pengembangan dan pendampingan dalam rangka digitalisasi UMKM; pelatihan kewirausahaan digital (digital entrepreneurship), talenta digital (digital talents) serta pengembangan startups digital lokal; dukungan dalam Forum Ekonomi Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika; serta pemanfaatan layanan-layanan di dalam ekosistem.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper