Jamin Keandalan Jaringan 5G, Telkomsel Terapkan Keamanan Berstandar Global

Leo Dwi Jatmiko
Senin, 23 Agustus 2021 | 09:24 WIB
Ilustrasi BTS Telkomsel yang menggunakan sumber energi ramah lingkungan melalui teknologi fuel cell./istimewa
Ilustrasi BTS Telkomsel yang menggunakan sumber energi ramah lingkungan melalui teknologi fuel cell./istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) menerapkan standar keamanan tingkat global dalam menjaga keandalan di seluruh jaringannya, termasuk 5G. Anak usaha Telkom itu juga terus berupaya menjaga kenyamanan para pelanggannya dalam menggunakan layanan teknologi terkini itu.

Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengatakan bahwa Telkomsel telah menerapkan standar keamanan data pelanggan yang sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan yang berlaku di Indonesia dalam menggelar jaringan 5G di Indonesia.

Menurutnya, Telkomsel juga melakukan pembaruan kebijakan ataupun penggunaan infrastruktur tambahan dengan menyesuaikan perkembangan teknologi yang ada.

“Selain itu, untuk memastikan keamanan jaringannya Telkomsel akan selalu mengacu kepada standar internasional dan best practice yang dipakai secara global,” kata Denny kepada Bisnis, Senin (23/8).

Denny menambahkan, investasi lanjutan dalam meningkatkan keamanan data akan sangat dimungkinkan, dan pemanfaatannya didasarkan pada pertimbangan yang terukur dan terencana dengan mengedepankan pemenuhan kenyamanan pelanggan dalam menikmati layanan 5G ke depannya.

Dia juga menuturkan, Telkomsel selalu patuh terhadap peraturan perundangan dan etika bisnis dengan mengacu pada standar teknis dan keamanan yang ditetapkan oleh lembaga standarisasi internasional maupun regulasi yang berlaku.

“Telkomsel juga memastikan operasional perusahaan telah berjalan sesuai dengan standar sertifikasi ISO 27001. Proses sertifikasi secara berkala dilakukan oleh lembaga internasional yang independen dan profesional,” kata Denny.

Sekadar informasi, Telkomsel memulai komersialisasi 5G pada akhir Mei 2021. Hingga saat ini jaringan 5G Telkomsel telah tersebar di sembilan kota.

Telkomsel terus meningkatkan layanan 5G yang dimiliki, salah satunya dengan refarming spektrum frekuensi 2,3 GHz.

Jika refarming ini selesai dilakukan, maka kualitas layanan 5G Telkomsel bakal meningkat berkat spektrum frekuensi yang makin besar, yaitu 50 MHz dari sebelumnya 30 MHz di pita 2,3GHz.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Lili Sunardi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper