SCA Bidik Perawatan Pesawat Pertahanan

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 30 Juni 2021 | 15:04 WIB
SCA menerima sertifikat
SCA menerima sertifikat
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Smart Cakrawala Aviasi (SCA) membidik penggarapan perawatan pesawat pertahanan, usai menerima sertifikat Approval Approved Military Repair Station (AMARS) dari Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemhan RI).

Direktur Utama SCA, Pongky Majaya mengatakan, sertifikasi ini merupakan hal penting. Karena dalam melakukan perawatan alutsista milik industri pertahanan, semua perusahaan maintenance, repair, and overhaul (MRO) wajib memiliki sertifikasi dari regulator terkait.

Sertifikat ini diraih perseroan setelah melalui proses assessment oleh Indonesia Military Airworthiness Authority (IMMA) dan ditandatangi oleh Laksma Teguh Sugiono beserta dengan Ketua Tim IMAA.

"Seperti verifikasi dokumen dan pengujian kesesuaian dan fungsi, sertifikasi ini menitikberatkan kriteria pemenuhan qualified personnel, tool equipment, quality system, facility dan existing certification dari badan regulator sipil. "Dengan sertifikasi ini, SCA bisa memenuhi aspek kelaikan perawatan alutsista khususnya untuk pesawat angkut dengan standarisasi yang baik,” papar dia dalam keterangan tertulis.

Pongky Majaya menjelaskan, saat ini homebase maintenance berada di bandara Semelagi, Singkawang – Kalimantan Barat, di mana memiliki posisi strategis berada di perbatasan, di mana ke depannya dapat dimanfaatkan untuk refueling helikopter saat melakukan patroli perbatasan dan sudah lengkap fasilitas perawatannya.”

PT Smart Cakrawala Aviasi menyediakan layanan transportasi udara dalam survei udara, fotografi udara, patroli udara, penumpang, kargo, evakuasi medis, dan carter VIP. Saat ini, SCA memiliki dan mengelola 9 helikopter Cessna Caravan 208/208B serta 2 Airbus H 130 T2 dan Robinson 66. Perusahaan ini berencana menambah armada sebanyak 5 unit Pilatus: 1 PC-6 Porter dan 4 Cessna Caravan 208B, serta berencana membangun mesin kembar Cessna Sky Courier 408.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper