Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Link Live Streaming Gerhana Bulan Total Hari Ini, Simak Jadwalnya!

Berikut link live streaming Gerhana Bulan Total yang akan di-relai pengamatan dari stasiun LAPAN di beberapa wilayah di Indonesia yang akan dimulai pukul 15.45 - 20.00 WIB
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 26 Mei 2021  |  11:49 WIB
Foto kombo fase Gerhana Bulan Total atau
Foto kombo fase Gerhana Bulan Total atau "Blood Moon" terlihat dari kawasan Pasar Baru, Jakarta, Sabtu (28/7) dini hari. Gerhana Bulan tersebut merupakan yang terlama pada abad ini dengan durasi sepanjang 103 menit dan seluruh proses gerhana sekitar 6,5 jam. - ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Bisnis.com, JAKARTA - Gerhana Bulan Total atau Super Blood Moon akan terjadi hari ini, Rabu (26/5/2021).

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Gerhana Bulan Total kali ini akan spesial karena bertepatan dengan Hari Raya Waisak. Pasalnya, fenomena Super Blood Moon beriringan dengan terjadinya Perige, yaitu ketika bulan berada di jarak terdekatnya dengan Bumi.

Puncak gerhana terjadi pada Rabu (26/5/2021) pukul 18.18.43 WIB / 19.18.43 WITA / 20.18.43 WIT dengan jarak 357.464 kilometer dari Bumi.

Oleh karena itu, gerhana bulan kali ini dapat disebut juga sebagai Bulan Merah (Super Blood Moon) mengingat sudutnya yang lebih besar 13,77 persen dibandingkan dengan ketika berada di titik terjauhnya (apoge) dengan kecerlangan 15,6 persen lebih terang dibandingkan dengan rata-rata.

"Gerhana bulan total kali ini 29,1 persen lebih terang dibandingkan dengan apoge. Selain itu, durasi fase gerhana kali ini cukup singkat, yaitu 14 menit 30 detik," tulis Lapan RI dalam keterangan resmi, Kamis (20/1/2021).

Gerhana bulan total kali ini juga bertepan dengan detik-detik Waisak, yaitu pada 15 suklapasa (paroterang) Waisaka 2565 Era Buddha yang jatuh pada 26 Mei pukul 18.13.30 WIB / 19.13.30 WITA / 20.13.20 WIR.

Secara global, Gerhana Bulan Total kali ini dapat disaksikan oleh kawasan Asia Timur, Asia Tenggara, Australia, Selandia Baru, Oseania, dan sebagian besar benua Amerika kecuali Kanada bagian Timur, Kepulauan Virgin sampai dengan Trinidad-Tobago, Brazil bagian Timur, Guyana, Suriname, dan Guyana Prancis.

Gerhana bulan total kali ini dapat disaksikan di seluruh Indonesia dari arah Timur-Tenggara (hingga Tenggara untuk Indonesia bagian Timur), tanpa menggunakan alat bantu optik apapun.

Anda ingin menyaksikan detik-detik Gerhana Bulan Total atau Super Blood Moon secara jelas?

Berikut link live streaming Gerhana Bulan Total yang akan di-relai pengamatan dari stasiun LAPAN di beberapa wilayah di Indonesia yang akan dimulai pukul 15.45 - 20.00 WIB:

Youtube LAPAN RI: bit.ly/youtubeLAPAN

Balai LAPAN Biak: http://bit.ly/youtubeLAPANbiak

LAPAN KUPANG: http://bit.ly/youtubeLAPANkupang

SBPJP LAPAN: http://bit.ly/youtubeLAPANparepare

LAPAN PASURUAN: http://bit.ly/youtubeLAPANpasuruan

LAPAN GARUT: http://bit.ly/youtubeLAPANgarut

LAPAN Sumedang: http://bit.ly/youtubeLAPANsumedang

Pusat Sains Antariksa LAPAN: http://bit.ly/youtubeLAPANpussainsa

BPPA PONTIAKAN: http://bit.ly/youtubeLAPANpontianak

LAPAN AGAM: http://bit.ly/youtubeLAPANagam


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gerhana Gerhana Bulan Total
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top