Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Program Literasi Digital Nasional Raih Rekor MURI

Menkominfo Johnny G. Plate menuturkan agenda peluncuran program Literasi Digital Nasional meraih rekor MURI.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 20 Mei 2021  |  16:29 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate saat menerima penghargaan MURI dalam peluncuran Program Literasi Digital Nasional Indonesia Makin Cakap Digital, dari Hall Basket Senayan, Jakarta, Kamis (20/5/2021). -  Bisnis/Akbar Evandio
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate saat menerima penghargaan MURI dalam peluncuran Program Literasi Digital Nasional Indonesia Makin Cakap Digital, dari Hall Basket Senayan, Jakarta, Kamis (20/5/2021). - Bisnis/Akbar Evandio

Bisnis.com, JAKARTA – Agenda peluncuran program Literasi Digital Nasional (Siberkreasi) berhasil meraih rekor MURI sebagai kegiatan yang dihadiri lebih dari 500.000 peserta secara daring.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate pun menyebutkan informasi tersebut saat memberi sambutan dalam peluncuran program tersebut di Tenda Roder Area Hall Basket Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (20/5/2021).

"Hari ini kita mencetak sejarah sebagai salah satu pertemuan daring, pertemuan dalam jaringan dengan peserta terbanyak," katanya dalam peluncuran Program Literasi Digital Nasional Indonesia Makin Cakap Digital, dari Hall Basket Senayan, Jakarta, Kamis (20/5/2021).

Johnny mengatakan catatan sejarah pertemuan dalam jaringan terbanyak tersebut menandai transformasi menuju era digital.

"Momentum ini adalah titik transformasi, di mana partisipasi saudara-saudara semua tidak hanya menandai kebangkitan Nasional, tetapi juga menunjukkan kebangkitan era baru, era digital nasional Indonesia," ujarnya.

Peluncuran program Literasi Digital Nasional merupakan tindak lanjut mengenai percepatan transformasi digital nasional, khususnya terkait pengembangan sumber daya manusia (SDM) digital.

Kementerian Kominfo memandang Program Literasi Digital Nasional adalah sebuah keharusan di tengah semakin masifnya penggunaan internet oleh masyarakat.

Saat ini terdapat setidaknya 196,7 juta warga net di Indonesia.

"Tugas kita bersama adalah memastikan setiap anak bangsa mampu mengoptimalkan kebermanfaatan internet," katanya.

Pada 2021, Program Literasi Digital Nasional direncanakan untuk diadakan melalui setidaknya 20.000 pelatihan yang dilaksanakan secara daring. Bahkan, setiap tahunnya program ini akan menjangkau lebih dari 12,4 juta partisipan pelatihan di 514 kabupaten/kota di 34 provinsi di Indonesia.

"Sasaran program yang melompat jauh lebih besar dari capaian sebelumnya menandakan keseriusan pemerintah dalam melaksanakan terobosan, dan keseriusan pemerintah dalam melakukan akselerasi di bidang pengembangan sumber daya manusia digital," tuturnya.

Sementara itu, perwakilan dari Museum Rekor Dunia Indonesia mengatakan bahwa saat ini kegiatan tersebut merupakan pertemuan dengan peserta terbanyak di dunia.

“Dari peserta daring yang terbanyak yang pernah terjadi di Indonesia sampai saat ini, maka dari itu Museum Rekor Dunia Indonesia dengan piagam penghargaan atas rekor pertemuan daring peserta terbanyak. Di dunia adalah yang terbesar, kali ini tembus 500.000 karena rekor sebelumnya adalah sebanyak 250.000 peserta daring,” ujarnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kominfo rekor muri
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top