Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lebih Cepat 10 Kali dari 4G, Tarif 5G Bisa Terjangkau?

Pengamat telekomunikasi menilai tarif layanan 5G bisa lebih terjangkau kendati kecepatannya mencapai 10 kali lipat dibandingkan dengan 4G.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 17 Mei 2021  |  19:08 WIB
Ilustrasi teknologi 5G. - REUTERS/Yves Herman
Ilustrasi teknologi 5G. - REUTERS/Yves Herman

Bisnis.com, JAKARTA – Kematangan ekosistem perangkat menjadi penentu proses penarifan layanan 5G di Tanah Air. Makin banyak perangkat 5G yang digunakan di masyarakat, maka tarif layanan diperkirakan makin terjangkau.

Ketua Pusat Studi Kebijakan Industri dan Regulasi Telekomunikasi Indonesia ITB Ian Yosef M. Edward mengatakan secara harga seharusnya harga layanan 5G nantinya lebih murah dibandingkan dengan 4G, mengingat modulasi 5G berbeda dengan 4G.

Hanya saja, kecepatan 5G yang sangat ngebut, akan membuat pemakaian layanan data makin boros sehingga masyarakat tetap berisiko membayar ongkos yang lebih tinggi.

“Dengan lebar frekuensi yang sama, 5G memiliki kecepatan hingga 8 kali – 10 kali kecepatan 4G,” kata Ian, Senin (17/5/2021).

Ian juga berpendapat untuk menghadirkan layanan 5G yang terjangkau, butuh dukungan ekosistem 5G yang matang, Penggunaan gawai dengan fitur 5G harus terjadi secara masif di masyarakat sehingga harga layanan dapat ditekan.

Sementara itu, Ketua Umum Indonesian Digital Empowering Community (IDIEC) M. Tesar Sandikapura mengatakan masyarakat harus merasakan dengan nyata manfaat dari 5G, agar dapt beralih dari gawai 4G ke gawai khusus 5G.

Tanpa adanya manfaat yang nyata, sebut Tesar, masyarakat sulit untuk beralih ke 5G, apalagi jika harga layanan 5G lebih mahal dibandingkan dengan 4G.

“Analoginya seperti orang sudah memiliki mobil disuruh pindah menggunakan mobil yang tidak jauh berbeda secara manfaat, tetapi lebih boros. Buat apa?” kata Tesar.

Sebelumnya, PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dikabarkan dalam jalur untuk menghadirkan layanan 5G. Anak usaha dari PT Telkom Indonesia Tbk. (TLKM) itu berupaya memberikan layanan 5G yang dapat dinikmati oleh seluruh kalangan secara bertahap.

Komisaris Utama Telkomsel Wishnutama Kusubandio mengatakan Telkomsel berkomitmen untuk menghadirkan layanan 5G yang terjangkau, tidak hanya bagi orang kaya, juga untuk semua kalangan. Dia menampik asumsi yang menyebut bahwa layanan 5G mahal dan hanya untuk segelintir orang saja.

“Sudah menjadi komitmen kami menghadirkan 5G bagi semua kalangan tanpa terkecuali. Secara bertahap semua akan terwujud,” kata Wishnutama dalam akun YouTube Telkomsel.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telekomunikasi teknologi 5G
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top