Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pengemudi ojek daring mengenakan sekat pelindung saat menunggu penumpang di kawasan jalan Kendal, Jakarta, Rabu (10/6/2020). - ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Premium

Kiprah Investor Kakap dan Obsesi Telkomsel terhadap Gojek

11 Mei 2021 | 19:37 WIB
Telkomsel baru saja menjadi investor terbesar keenam di Gojek. Apa yang membuat operator telekomunikasi ini getol menambah investasinya? Bagaimana dengan investor Gojek yang lain?

Bisnis.com, JAKARTA — Sesuatu yang kecil tak selamanya punya ambisi kecil. Kendati hanya berstatus anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM), Telkomsel, terus membuktikan bahwa mereka punya ambisi investasi digital besar-besaran.

Teranyar, Senin (10/5/2021), operator seluler warna merah tersebut kembali menggelontorkan suntikan dana kepada perusahaan startup bervaluasi raksasa, PT Aplikasi Karya Anak Bangsa alias Gojek. Tak tanggung-tanggung, kali ini duit yang dikucurkan Telkomsel ke Gojek mencapai US$300 juta atau lebih dari Rp4,3 triliun.

Apabila digabung dengan investasi sebelumnya yang juga pernah dilakukan Telkomsel di Gojek, yang sebesar US$150 juta, maka total dana yang mereka suntik mencapai US$450 juta atau setara Rp6,2 triliun lebih.

“Ini menjadi penegas akan kesamaan visi dari kedua perusahaan [Telkomsel dan Gojek] yang sama-sama lahir dan berkembang untuk menjawab masalah nyata di tengah masyarakat melalui inovasi digital dan teknologi, dengan semangat melayani dan memajukan negeri,” papar Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro dalam keterangan tertulis, Senin (10/5).

Dengan total investasi tersebut, Tech Crunch menyebut bahwa status Telkomsel kini merupakan lead investor terbesar keenam di internal Gojek. Total dana yang mereka suntik hanya kalah dari perusahaan-perusahaan raksasa global seperti Google, Facebook, PayPal, Visa, dan Tencent.

Sementara itu, jika digabung dengan jumlah investor Tokopedia, yang digadang-gadang akan segera merger dengan Gojek, status Telkomsel menempati urutan kedelapan. Selain kelima nama di atas, investor lain yang telah menyuntik dana lebih adalah Softbank dan Alibaba.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top