Shopee Gandeng Gibran Rakabuming wujudkan UMKM Solo Go Ekspor

Akbar Evandio
Selasa, 27 April 2021 | 14:54 WIB
Shopee Gandeng Gibran Rakabuming wujudkan UMKM Solo Go Ekspor
Shopee Gandeng Gibran Rakabuming wujudkan UMKM Solo Go Ekspor
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Platform dagang elektronik (e-commerce), Shopee Indonesia menandatangani kesepakatan bersama dengan Pemerintah Kota Surakarta dalam rangka mewujudkan kolaborasi strategis untuk mempersiapkan UMKM Solo Go Ekspor.

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan kerja sama ini diawali dengan mengadakan rangkaian kegiatan edukasi untuk mendukung para pelaku usaha mikro di Kota Surakarta dengan menguatkan lima fokus utama, yaitu edukasi yang berkesinambungan, penyaluran pendanaan, pemasaran daring, sistem pembayaran dan logistik, serta ekspor.

“Selain dari pengadaan program Kampus Shopee yang telah secara rutin dilakukan di Kota Surakarta dengan ratusan penjual yang telah berpartisipasi, kedepannya kami akan membangun tempat pelatihan UMKM secara fisik,” katanya lewat rilisnya, Selasa (27/4/2021).

Dia berharap, kolaborasi Shopee bersama Pemerintah Kota Surakarta dapat mendukung keberlangsungan bisnis UMKM bersama Shopee dan menjangkau pasar yang lebih luas.

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming mengatakan makin banyaknya akses dan edukasi yang diberikan bagi para pelaku UMKM untuk dapat berjualan daring bahkan mengekspor produknya, maka dapat membuat mereka optimistis dalam menggiatkan bisnis terutama di masa pandemi.

“Kami mengapresiasi langkah nyata yang dilakukan oleh Shopee dalam memberikan wadah bagi para pelaku UMKM di Indonesia untuk dapat terus berkembang, terutama dalam menyalurkan produk ke luar negeri,” ujarnya.

Hingga saat ini, tercatat ada sekitar 40.000 UMKM di Kota Surakarta yang terdaftar di Shopee, dan 5.000 di antaranya memiliki toko ekspor aktif.

Menurut Gibran, besarnya potensi dari para pelaku UMKM di Surakarta berarti terdapat ruang tumbuh bagi pedagang lokal yang memproduksi sendiri usahanya untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas produksi sebagai faktor utama pengembangan ekspansi bisnis para pelaku bisnis mikro hingga menjamah pasar ekspor.

“Untuk mengakselerasi persiapan para pelaku bisnis lokal di Surakarta, dibutuhkan pendampingan dari hulu ke hilir yang berkelanjutan dan terintegrasi antara pelaku industri bersama pemerintah,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper