Link Net Gandeng Google Cloud, Ingin Akselerasi Layanan?

Akbar Evandio
Jumat, 23 April 2021 | 21:05 WIB
Ilustrasi big data.
Ilustrasi big data.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Link Net Tbk. (LINK) resmi mengumumkan kemitraan strategis dengan Google Cloud dalam rangka mempercepat transformasi digital dan penguatan ekosistem digital di Indonesia.

Presiden Direktur dan CEO PT Link Net Tbk Marlo Budiman mengatakan perusahaan akan mengimplementasikan solusi Google Cloud untuk memodernisasi infrastruktur dan memanfaatkan maha data serta analitik cerdas yang dapat meningkatkan efisiensi operasional serta memberdayakan perusahaan untuk mempercepat inovasi.

Dia melanjutkan, perusahaan akan menggunakan BigQuery untuk mendapatkan insight data secara real-time serta analisis yang dapat meningkatkan kecepatan kueri untuk keputusan bisnis mereka ke depan. 

“Kami juga memodernisasi sistem manajemen penagihan milik kami dengan menggunakan billing system berbasis SAP di Google Cloud yaitu SAP BRIM [Billing and Revenue Innovation Management]. Kedua solusi ini akan membuat perusahaan beroperasi secara efisien, menciptakan inovasi yang lebih cepat, dan pada akhirnya akan meningkatkan kualitas produk dan layanan serta pengalaman pelanggan residensial,” tutur Marlo, Jumat (23/4/2021).

Tidak hanya itu, dia melanjutkan Link Net juga menjadi mitra Google Cloud Interconnect Partner untuk menghadirkan layanan konektivitas berkecepatan tinggi yang andal dan aman bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia, melalui akses langsung ke jaringan khusus platform Google Cloud dan jaringan privat Google di seluruh dunia.

Menurutnya, pentingnya kerja sama ini untuk memperkuat ekosistem digital Link Net dan memungkinkan perusahaan untuk menciptakan layanan inovatif berbasis data, analitik serta teknologi pemrosesan, sehingga dapat memenuhi kebutuhan pelanggan segmen residensial dan korporasi.

Selain itu, dia menambahkan langkah perseroan tersebut turut berdampak terhadap lintas data pada jaringan Link Net dan Google Cloud yang tidak menggunakan jaringan internet publik, melainkan menggunakan direct peering sehingga dapat memastikan keamanan data yang lebih tinggi, tarif upload yang jauh lebih rendah, serta paket bandwidth yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan dari berbagai segmen.

Enterprise Sales Director PT Link Net Tbk, Agung Satya Wiguna, mengatakan, layanan kolaboratif Link Net dan Google Cloud akan semakin melengkapi varian produk dari Link Net dan mendukung kebutuhan transformasi digital bisnis pelanggan. 

"Kerja sama ini menjadi wujud komitmen kami terhadap pengembangan dan keberlangsungan bisnis segmen enterprise,” katanya.

Sekadar catatan, penandatanganan kerjasama ini dilakukan secara simbolis oleh Presiden Direktur dan CEO PT Link Net Tbk Marlo Budiman bersama Enterprise Sales Director PT Link Net Tbk Agung Satya Wiguna, dan Country Director Google Cloud Indonesia Megawaty Khie.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper