Atasi Masalah Sampah Masker, JITO Rancang Masker Ramah Lingkungan

Puput Ady Sukarno
Jumat, 16 April 2021 | 11:56 WIB
Ilustrasi masker. /Antara
Ilustrasi masker. /Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Selama pandemi Covid-19, banyak negara menganjurkan warganya memakai masker sebagai salah satu ikhtiar untuk membentengi diri dari paparan Covid-19.

Selain masker kain, masyarakat juga banyak mengenakan masker sekali pakai (disposable) saat beraktivitas di luar rumah karena lebih praktis dan memiliki kesan medis.

Tak ayal, pemakaian masker sekali pakai dalam jumlah besar menjadi tak terhindarkan di seluruh dunia. Sebuah penelitian mengungkap, sekitar 129 miliar masker digunakan secara global setiap bulan atau sekitar 2,8 juta lembar per menit.

Di Jakarta, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) pernah mengungkap bahwa sampah masker bekas dari rumah tangga telah mencapai 1,5 ton per Desember 2020.

Hal itu memunculkan kekhawatiran semakin menimbunnya sampah karena masker disposable umumnya berbahan plastik mikrofiber yang sulit terurai dengan sendirinya di alam.

Melihat hal tersebut, Direktur Teknis & Business Development dari JITO Mara Osca Herdiana produsen masker disposable publik standar medis merek JITO, mengatakan saat ini telah merancang dan segera merilis masker sekali pakai ramah lingkungan (biodegradable).

Masker sekali pakai jenis baru ini, menurut Mara, diklaim membutuhkan waktu yang lebih cepat untuk terurai di alam dibanding dengan masker disposable pada umumnya.

“Pada umumnya masker butuh waktu hingga 30 tahun untuk bisa terurai di alam, namun masker ini bisa terurai jauh lebih cepat, sehingga bisa dipastikan ramah lingkungan,” jelasnya seperti dikutip, Jumat (16/4).

Menurutnya, material masker ini sudah diuji oleh analytical laboratories berskala internasional berdasarkan Standard ASTM D5511. Pengujian ini dilakukan untuk menentukan apakah bahan-bahan tersebut dapat terurai secara alami dengan cepat.

Mara menambahkan, bahan yang diujikan di laboratorium Intertek tersebut adalah material spunbond polypropylene yang menjadi material utama dalam memproduksi masker.

"Dengan treatment dan development khusus, material spunbond polypropylene diolah sehingga dapat bersifat mudah terurai [biodegradable]," ujarnya.

Menurutnya, dari hasil uji laboratorium, terbukti bahwa dalam kurun 45 hari material tersebut berhasil terurai sebesar 8 persen. Sementara itu, untuk mendapatkan hasil terurai hingga 100 persen dibutuhkan waktu selama 562,5 hari atau 1,5 tahun.

“Saat ini kita juga sedang mengembangkan material filter untuk masker berkonsep biodegradable, menggunakan material yang bersifat natural bacteriostatic dan antimicrobial untuk meningkatkan kemampuan filtrasi masker,”terangnya.

Masker ramah lingkungan ini diklaim memiliki kemampuan proteksi seperti masker medis. Meski sama-sama berbahan baku polypropylene, masker ini mampu terurai dengan cepat di alam karena telah melalui treatment dan development secara khusus.

“Masker ramah lingkungan ini akan ada baik untuk jenis masker 3 lapis maupun masker KN95,” papar Mara.

Mara mengatakan, upaya memproduksi masker ramah lingkungan ini merupakan satu bentuk ikhtiar JITO untuk ikut berpartisipasi dalam mendukung program pembangunan berkelanjutan (sustainable development goals/SDGs).

Dia berharap hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pelaku usaha di industri yang sama untuk juga dapat memproduksi inovasi yang serupa ke depannya.

“Kepedulian terhadap lingkungan merupakan bentuk dukungan kita kepada program pemerintah dalam menghambat laju penyebaran covid-19 melalui gerakan memakai masker dan juga gerakan pelestarian lingkungan dan waste-management system dalam satu tarikan napas,” kata Mara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper