Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

XL Prediksi Trafik Data Saat Ramadan Naik 10 Persen

XL Axiatan berkomitmen terus menggenjot fiberisasi dan peningkatan modernisasi jaringan agar kualitas jaringan semakin mumpuni selama Ramadan dan Lebaran 2021.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 09 April 2021  |  09:38 WIB
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis - Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – PT XL Axiata Tbk. (EXCL) memprediksi lalu lintas data selama Ramadan akan meningkat hingga 10 persen dibandingkan lalu lintas data di hari biasa, dan akan meningkat lagi hingga 20 persen saat masuk di masa libur Lebaran.

Head Strategic Operation & Automation XL Axiata Ahmad Hamzah menjelaskan berdasarkan pengamatan penggunaan data dan aplikasi pelanggan XL Axiata, kondisi lalu lintas data pada Ramadan dan Lebaran tahun ini tidak akan banyak berbeda dengan tahun lalu.

Dia memperkirakan sekitar 80 persen lalu lintas data akan berasal dari data video, yang disumbangkan dari sejumlah aplikasi seperti YouTube, TikTok, Facebook, Instagram dan lain sebagainya. Sisanya berasal dari aplikasi media sosial dan pesan instan.

“Prediksi kenaikan lalu lintas data pada Ramadan adalah 10% dibandingkan hari biasa,dan meningkat lagi sebesar 20 persen saat libur lebaran,” kata Hamzah dalam konferensi virtual, Kamis (8/4/2021).

Hamzah menambahkan melihat pola pergerakan pada 2020, meski pemerintah melarang mudik, faktanya ada 8 persen pelanggan XL yang tetap pulang ke kampung halaman. Sisanya, memilih untuk tinggal di rumah.

Dia memperkirakan pada tahun ini sekitar 8 – 10 persen pelanggan XL akan hijrah dari Jakarta ke beberapa kota seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatra Selatan dan lain sebagainya. 

“Pergerakan ini bisa saja bertambah tergantung dari kebijakan pembatasan boleh mudik atau tidak. Biasanya orang-orang mudik tanggal H- 7 tetapi pada tahun lalu sejak H-15 sudah mudik, bahkan ada yang sebelum puasa,” kata Hamzah.

Hamzah menyampaikan untuk mengantisipasi lonjakan lalu lintas data, XL Axiata telah menambah kapasitas jaringan hingga 200 persen.

Fiberisasi dan peningkatan modernisasi jaringan akan terus digenjot agar kualitas jaringan semakin mumpuni selama Ramadan dan Lebaran 2021.

Pada tahun ini, lanjut Hamzah, perseroan juga akan menambah 17 mobile BTS (MBTS) khusus di tempat-tempat pariwisata, jalan tol dan tempat peristirahatan. Dengan tambahan 17 MBTS maka total MBTS yang akan dioperasikan XL Axiatan selama Ramadan dan Lebaran 2021, sekitar 81 MBTS.

“Kami juga tetap akan mengadakan persiapan ada di 795 titik keramaian dengan meningkatkan kapasitas jaringan,” kata Hamzah.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata trafik data
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top