Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Bedanya Router Single Band dan Dual Band, Mana Lebih Bagus?

Ternyata, permasalahan terletak pada router Wifi. Ada dua jenis router yakni router dual band dan single band. Router Single Band hanya menggunakan satu frekuensi yaitu 2,4 GHz. Sementara yang dual band menggunakan dua frekuensi yaitu 2,4 GHz dan 5GHz sekaligus sehingga kinerjanya jauh lebih baik dibadingkan dengan single band.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 29 Maret 2021  |  16:02 WIB
Wifi router - istimewa
Wifi router - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Jaringan internet acap kali menjadi permasalahan yang sering dialami oleh masyarakat saat tengah berselancar di dunia maya. Tidak hanya yang menggunakan paket data saja tetapi mereka yang menggunakan jaringan Wifi pun sering kali bermasalah dengan gangguan internet atau internet lemot.

Ternyata, permasalahan terletak pada router Wifi. Ada dua jenis router yakni router dual band dan single band. Router Single Band hanya menggunakan satu frekuensi yaitu 2,4 GHz. Sementara yang dual band menggunakan dua frekuensi yaitu 2,4 GHz dan 5GHz sekaligus sehingga kinerjanya jauh lebih baik dibadingkan dengan single band.

Penggunaan multi band ini membuat router dual band jauh lebih efisien. Jika single band biasanya cukup untuk aktivitas ringan seperti menjelajah web, mengirimkan email dan lainnya, maka dual band bisa diajak berpacu dengan streaming video HD dan mendownload dengan kecepatan tinggi, atau audio visual beresolusi tinggi sehingga cocok untuk para gamer.

Dual-band router menawarkan 2 alternatif frekuensi yaitu 2.4Ghz dan 5GHz, dimana perangkat akan secara otomatis terhubung ke frekuensi 5GHz ketika beban di jalur frekuensi 2.4GHz meningkat. Peningkatan beban yang dimaksud adalah ketika semakin banyak perangkat yang terhubung dengan jaringan Wi-Fi atau melakukan aktivitas online yang berat seperti streaming video HD atau pun bermain game online.

Meskipun biasanya router dual band lebih tinggi dari harga router single band, namun itu tidak berlaku untuk Archer C24 AC750 DualBand Wi-Fi Router dari TP Link. Router dualband ini di pasar Indonesia hanya dibanderol sekitar Rp200ribuan.

“Archer C24 AC750 Dual-Band Wi-Fi Router adalah router dualband dengan fitur lengkap dan harga terjangkau untuk memenuhi kebutuhan online sehari-hari,” ujar Marketing Manager TP-Link Indonesia Yoshia.

Menurutnya, Archer C24 AC750 DualBand Wi-Fi Router sangat ideal untuk streaming video HD dan mendownload dengan kecepatan tinggi, menawarkan kecepatan hingga 433 Mbps (5GHz) dan 300 Mbps (2.4GHz). Dilengkapi dengan 4x antena yang menghadirkan Wi-Fi stabil dengan jangkauan luas dan koneksi yang andal, mendukung penjelajahan tanpa buffer dan mengunduh tanpa hambatan.

Router ini juga dilengkapi dengan Parental Controls untuk memantau dan mengontrol pemakaian internet anak-anak, serta Guest Network yangmenyediakan akses terpisah untuk tamu yang berkunjung dan meningkatkan keamanan jaringan host. Mendukung Proxy / Snooping IGMP, Bridge, dan Tag VLAN untuk mengoptimalkan streaming IPTV serta kompatibel dengan IPv6 (Protokol Internet terbaru versi 6).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wifi smart wi-fi router ac1200
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top