MSI Summit E15, Laptop Bisnis Elegan nan Powerful

Media Digital
Sabtu, 20 Maret 2021 | 08:27 WIB
MSI Summit E15/Istimewa
MSI Summit E15/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Di tengah pandemi Covid-19, banyak dari sebagian pekerja melakukan pekerjaan secara jarak jauh (remotely). Tak hanya bekerja dari rumah, melainkan bekerja secara remote dari tempat isolasi mereka, atau lokasi yang jauh dari keramaian.

Sebagian lain, masih beraktivitas untuk bertemu dengan beberapa orang dan bekerja dari berbagai lokasi. Untuk mendukung aktivitas tersebut, diperlukan sebuah perangkat laptop yang mumpuni sekaligus ringkas.

Varian laptop kelas bisnis besutan Micro-Star International Co. Ltd. (MSI), Summit E15, bisa menjadi alternatif pilihan. Selain desain yang elegan, tipis, dan lumayan ringan, laptop ini cukup powerful.

Dengan ketebalan sekitar 1,69 cm, Summit E15 menggunakan sasis aluminium untuk memperkokoh perangkat kelas bisnis ini. Dipadukan dengan warna ink black dengan logo baru MSI berwarna emas, laptop ini terlihat lebih classy dan manly.

Belum lagi pada bagian belakang terdapat tulisan Summit E15 berwarna emas dengan motif karbon fiber di antara exhaust-nya. Yang menambah kesan kokoh sekaligus elegan. Laptop ini juga telah memenuhi standar militer MIL-STD 810G, sehingga tak perlu diragukan lagi ketahanannya.

Produk ini dibesut dengan prosesor Intel Core i7 generasi 11 Tiger Lake Core i7-1185G7 yang memiliki inti prosesor sebanyak 8 CPU dengan kecepatan masing-masing 3GHz.

Dipadukan dengan kartu memori RAM DDR4 3200 MHz 16GB dan dapat ditingkatkan menjadi 64GB, membuat laptop ini mampu melibas kinerja tinggi. Spesifikasi ini hanya berlaku pada model yang tengah kami uji. Konsumen nantinya akan mendapatkan RAM DDR4 2666MHz 16 GB.

Apalagi, laptop ini tak hanya memiliki kartu grafis internal Intel Iris Xe, tetapi juga memiliki kartu grafis dedicated NVIDIA GeForce GTX 1650 Ti Max-Q Design GDDR6 4GB.

Tak ayal, bagi para desain grafis maupun video editor, laptop ini sangat cocok. Dengan layar 15,6 inci Full HD 1920x1080, sangat memanjakan mereka yang memiliki profesi tersebut.

MSI Summit E15, Laptop Bisnis Elegan nan Powerful

Layar juga telah dibekali dengan fungsi touch screen, sehingga memudahkan video editor untuk menyeleksi video maupun partikel edit dengan melakukan sentuhan pada layar. Layar yang sudah IPS Level yang kualitasnya mendekati 100% sRGB, tentu akan semakin memanjakan pada editor video.

Belum lagi, terdapat 2 Thunderbolt generasi 4 yang bisa dimanfaatkan untuk kinerja yang lebih tinggi melalui penambahan kartu grafis (GPU) eksternal maupun penambahan layar untuk keperluan editing video.

Oh, iya, dengan memanfaatkan NVIDIA GeForce GTX 1650 Ti Max-Q Design, maka editor video bisa menggunakan format baru yakni H.265 (high efficiency video coding/HEVC). Alhasil, para content creator yang menggunakan aplikasi Adobe Premier maupun Wondershare sangat dimanjakan.

Dipadukan dengan SSD M.2 NVME PCIe Gen4 Phison berkapasitas 1TB, tentu sangat memanjakan video editor untuk melalukan editing maupun rendering video. Kapasitas SSD juga masih bisa ditambah dengan adanya ketersediaan slot M.2 yang masih kosong.

Bagi para pebisnis yang sering bertemu dengan klien, tampilan layar pada laptop ini mampu diputar 180 derajat. MSI menamainya flip-n-share. Anda dapat memutar tampilan layar dengan menekan tombol F12.

Dengan demikian, klien dapat melihat tampilan presentasi Anda dengan lebih nyaman. Pasalnya, pada produk lain yang layar dapat diputar 180 derajat, tampilan layar agak sedikit susah untuk diputar (rotate), sehingga klien yang duduknya berseberangan dengan Anda sedikit kesulitan untuk memahami isi presentasi Anda.

Selain fingerprint yang terdapat pada kiri atas touchpad, laptop ini juga telah dibekali kamera infrared beresolusi 720p yang telah mendukung Windows Hello. Oleh karena itu, pengguna akan lebih mudah sign-in pada Windows hanya dengan memanfaatkan fingerprint maupun face recognition.

Pebisnis pun akan semakin nyaman terkait keamanan data mereka. Pasalnya, laptop ini telah dibekali dengan chip TPM (trusted platform module) 2.0, yakni sebuah sistem keamanan berbasis hardware. Dengan adanya chip ini, penyimpanan data dan password dapat dienkripsi berbasis hardware. Tentu ini yang dicari oleh pebisnis terkait keamanan data mereka.

 

FITUR UNIK

Nah, di luar kemampuan itu, ada fitur unik pada MSI Summit E15, yang sangat cocok untuk pekerja, pebisnis, maupun mereka yang banyak melakukan video conference melalui berbagai platform aplikasi.

Fitur itu adalah noise cancellation yang terdapat pada MSI Center for Business & Productivity. Fitur ini mampu meredam suara saat perekaman maupun saat melakukan pemutaraan video atau musik.

MSI Summit E15, Laptop Bisnis Elegan nan Powerful

Saat melalui video chat, atau video conference di rumah, tak jarang terdapat suara yang tidak diinginkan, seperti suara mobil yang sedang lalu-lalang, suara mesin cuci, suara bayi Anda yang sedang menangis, dll.

Tentu, Anda tidak menginginkan klien Anda mendengar suara-suara yang mengganggu kerja Anda bukan? Nah, dengan memanfaatkan fitur ini, mampu membuat suara hanya difokuskan pada Anda, sehingga suara-suara di sekitar mampu diredam dengan baik.

Apalagi, laptop ini dibekali baterai hingga 16 jam. Meskipun, saat pengujian melakukan browsing dan mengetik, hanya mampu bertahan sekitar 10 jam. Kendati, dengan charger berkapasitas 90watt, hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk pengisian daya sekitar 40 persen dari kapasitas.

MSI Summit E15, Laptop Bisnis Elegan nan Powerful

Secara garis besar, untuk laptop bisnis dengan layar 15,6 inci, yang memiliki spesifikasi gahar, maka MSI Summit E15 adalah produk yang pas untuk mendukung aktivitas kerja Anda yang begitu produktif. Elegan saat dibawa kemana-mana. Powerful saat digunakan berkomputasi.

Untuk mereka yang berkinerja tinggi, harga pun relatif terjangkau dengan banderol sekitar Rp25,99 juta. Selain sleeve case gratis, box khusus untuk MSI Summit 15 menambah kesan premium.

Spesifikasi lengkap dari produk yang diuji

Summit E15 A11SCST 277ID
CPU11th Gen. Intel® Core™ i7 U-Processor
OS
Windows 10 Home
DISPLAY

15.6" FHD (1920x1080), IPS-Level, Touchscreen

GRAPHICS

NVIDIA® GeForce® GTX 1650 Ti With Max-Q Design, 4GB GDDR6

MEMORY
Up to DDR4-3200 Memory Type?2 Slots Number of SO-DIMM Slot?Max 64GB Max Capacity
STORAGE CAPABILITY
1x M.2 SSD slot (NVMe PCIe Gen3)?1x M.2 SSD slot (NVMe PCIe Gen4)
WEBCAM
IR HD type (30fps@720p)
KEYBOARD
Backlight Keyboard (Single-Color, White)
COMMUNICATION
802.11 ax Wi-Fi 6 + Bluetooth v5.1
AUDIO JACK
1x Mic-in/Headphone-out Combo Jack
I/O PORTS
1x Micro SD?1x (4K @ 60Hz) HDMI?2x Type-A USB3.2 Gen2?2x Type-C (USB4 / DP / Thunderbolt™4) with PD charging
BATTERY
82 Battery (Whr)
AC ADAPTER
90W adapter
DIMENSION (WXDXH)
356.8 x 233.7 x 16.9 mm
WEIGHT (W/ BATTERY)
1.79 kg
COLOR
Ink Black

Informasi produk: https://id.msi.com/Business-Productivity/Summit-E15-A11X  

MSI Authorized Dealer: http://bit.ly/DealerResmiMSI

Link pembelian produk

Tokopedia: http://bit.ly/SummitE15Tokopedia

Pemmz: http://bit.ly/SummitE15Pemmz  

Shopee: https://shopee.co.id/MSI-Summit-E15-A11SCST-(i7-1185G7_1TB.SSD_16GB_GTX1650Ti-6GB_Win10Home)-i.41303795.6880000488

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper