Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Sejumlah remaja menggunakan ponsel saat berkomunikasi di Medan, Sumatera Utara, Jumat (17/4/2020). Pemerintah beserta operator seluler sepakat akan tetap memberlakukan aturan blokir Internasional Mobile Equipment Identity (IMEI) mulai 18 April 2020 dalam upaya memberantas ponsel atau HP ilegal yang banyak beredar di pasaran. - ANTARA FOTO/Septianda Perdana
Premium

Historia Bisnis : Ledakan Bisnis Operator di Jaringan GSM

08 Maret 2021 | 13:50 WIB
Teknologi GSM yang awalnya hanya diuji coba di Batam dan Bintan, saat ini menjadi andalan operator seluler mengeruk pendapatan.

Bisnis.com, JAKARTA - Teknologi Global System for Mobile Communications (GSM) menjadi saluran paling cepat berkembangnya di dunia dan Tanah Air. 

Dimulai dari proyek percontohan di Pulau Batam dan Bintan oleh PT Telkom Tbk. (TLKM), teknologi ini berkembang dengan sangat pesat. Bahkan teknologi GSM menjadi yang paling unggul seiring terus meluasnya hingga pelosok. Kini teknologi ini di Tanah Air bahkan tengah dalam persiapan masuk untuk generasi ke-5 (5G). 

Cepatnya perkembangan teknologi GSM ini juga menjadi sorotan Bisnis Indonesia edisi 8 Maret 2004 dengan tajuk 'Menghindari Bubble di Bisnis Nirkabel.' Laporan ini merupakan pandangan mata dari 3GSM World Congress tentang ledakan teknologi GSM saat itu dan masih berlanjut hingga hari ini. 

Atas undangan Ericsson Indonesia, Bisnis berkesempatan mengikuti 3GSM World Congress yang berlangsung pekan lalu. Wartawan Bisnis Setyardi Widodo berusaha merangkum isu yang berkembang. 

3GSM World Congress benar-benar menunjukkan betapa powerfull-nya teknologi GSM dalam mendominasi pertelekomunikasian dunia. Pada awal 2014, 1 miliar orang sudah terhubung melalui teknologi nirkabel GSM. Artinya seperenam penduduk bumi menggunakan GSM.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top