Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Dion Foxworth, co-host acara "Stock Market Moves", menggunakan aplikasi Clubhouse, di Johannesburg, Afrika Selatan, pada 12 Februari 2021.  - Bloomberg
Premium

Clubhouse Bisa Dijerat Sanksi, Tapi WhatsApp dan Facebook Melenggang?

22 Februari 2021 | 15:04 WIB
Merebaknya tren penggunaan aplikasi Clubhouse, memunculkan perdebatan dan pembahasan baru terkait dengan penertiban penyelenggara sistem elektronik (PSE) asing di Indonesia seperti Whatsapp, Facebook hingga Netflix.

Bisnis.com, JAKARTA – Belakangan ini, tren baru bersosial media muncul di publik, termasuk di Indonesia. Tren itu adalah penggunaan aplikasi Clubhouse.

Lagi-lagi, sang bos Tesla Inc. Elon Musk menjadi ‘biang keladi’ munculnya sebuah tren baru di dunia. Pada akhir bulan lalu, Musk muncul di aplikasi Clubhouse untuk membicarakan tentang hiruk-pikuk perdagangan GameStop.

Tak pelak, aplikasi yang masih berbentuk beta tersebut menjadi buah bibir di berbagai kalangan. Banyak orang pun ramai-ramai mencobanya termasuk di Indonesia. Sejumlah pesohor dan pejabat di Tanah Air pun membagikan pengalamannya menggunakan aplikasi obrolan berbasis radio tersebut, termasuk para pejabat seperti Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan pendahulunya yakni Wishnutama.

Namun, naik daunnya Clubhouse tersebut rupanya membuka fakta baru terkait dengan pengaturan penyelenggara sistem elektronik (PSE) di Indonesia. Dalam hal ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menegaskan bahwa tiap PSE wajib mendaftar di Kemenkominfo.

Kemenkominfo menyampaikan akan memutus PSE, terutama dari luar negeri yang tidak mendaftar, termasuk aplikasi obrolan radio Clubhouse.  

Juru Bicara Kemenkominfo Dedy Permadi menjelaskan dalam Peraturan Menteri Kominfo No 5/2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat, seluruh PSE wajib mendaftar di Kemenkominfo.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top