Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Begini Cara Menkominfo Bikin Infokom Tumbuh Dua Digit Tahun Ini

Kemenkominfo tetap akan bekerja untuk mendorong pertumbuhan sektor informasi dan komunikasi (infokom) tumbuh dua digit pada kuartal I/2021.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 05 Februari 2021  |  16:40 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate memberikan sambutan saat acara penandatanganan kerja sama pembangunan satelit Satria di Jakarta, Kamis (3/9/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate memberikan sambutan saat acara penandatanganan kerja sama pembangunan satelit Satria di Jakarta, Kamis (3/9/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) optimistis dapat mempertahankan kinerja positif sektor informasi dan komunikasi (infokom) pada kuartal I/2021.

Badan Pusat Statistik (BPS) menyampaikan sektor Informasi dan Komunikasi mencatatkan kinerja positif pada kuatal IV/2020 dengan pertumbuhan 10,58 persen secara tahunan.

Untuk mempertahankan pertumbuhan tersebut pada kuartal I/2021, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan Kemenkominfo akan terus bekerja dan berkoordinasi lintas kementrian lembaga dan ekosistem bisnis agar sektor infokom dapat tetap tumbuh dua digit.

Kemenkominfo juga akan terus membangun infrastruktur telekomunikasi hingga jaringan mil terakhir sepanjang 2021 dan mengatur industri dengan regulasi yang lebih fleksibel

“Pembagunan the last mile infratruktur TIK 2021, kepastian tambahan kapasitas satelit dan regulasi yang makin bersahabat dengan investasi namun tetap memperhatikan kedaulatan negara akan menjadi daya ungkit investasi sektor infokom,” kata Johnny kepada Bisnis.com, Jumat (5/2/2021).

Senada, Ketua Pusat Studi Kebijakan Industri dan Regulasi Telekomunikasi Indonesia-ITB Ian Yosef M. Edward memperkirakan pada kuartal I/2021 tetap akan tumbuh 10 persen didorong oleh sejumlah faktor seperti optimasi jaringan sehingga standar layanan meningkat dan promo teknologi baru yang lebih cepat, murah dan lain sebagainya.

“Kebijakan Pemerintah seperti Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat [PPKM] dan promosi operator dengan aplikasi baru contoh untuk daftar vaksinasi, akan menjadi faktor pendorong,” kata Ian.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kominfo
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top