Cara Aktivasi Kuota Belajar Telkomsel: Bayar Rp10 Dapat 10Gb

Feni Freycinetia Fitriani
Kamis, 4 Februari 2021 | 20:15 WIB
Warga saat melakukan rapat daring menggunakan layanan Telkomsel di Kota Sorong, Papua Barat, Minggu (29/3/2020)./ANTARA FOTO-Olha Mulalinda
Warga saat melakukan rapat daring menggunakan layanan Telkomsel di Kota Sorong, Papua Barat, Minggu (29/3/2020)./ANTARA FOTO-Olha Mulalinda
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Telkomsel menyediakan Kartu Internet Merdeka Belajar bagi para siswa atau pelajar yang mengikuti program belajar jarak jauh (digital) selama pandemi Covid-19. Pelajar cukup membayar Rp10 untuk mendapat kuota internet sebesar 10 Gb.

Layaran tersebut merupakan bentuk dukungan Telkomsel terhadap program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam membentuk ekosistem belajar mengajar jarak jauh (digital) di Indonesia.

"Kuota Belajar adalah paket data gabungan antara ilmupedia dan Conference yang berfungsi seperti kuota biasa yang dapat digunakan untuk mengakses aplikasi pendidikan dan portal/website e-learning kampus serta sekolah yang tergabung dalam ilmupedia," tulis Telkomsel dalam situs resmi telkomsel.com seperti dikutip, Kamis (4/2/2021).

Kuota Belajar dapat digunakan untuk mengakses aplikasi seperti Google Classroom, Rumah Belajar, Ruangguru, Zenius, Kelas Pintar, Quipper, Smartpi, Udemy, Duolingo, Sekolah.mu, Cakap, Bahaso, Cambridge Assessment English, Kipin School 4.0, Pijar Sekolah, video meeting edukasi Birru, Pahamify, BelajarPedia, dan aplikasi pembelajaran online lainnya.

Sementara itu, kuota Conference meliputi Zoom, Google Meet, Cisco Webex, UMeetMe, Microsoft Teams, CloudX, dan aplikasi lain yang menjadi anggota Telkomsel Conference. Kuota Chat juga sudah termasuk WhatsApp dan LINE.

Sebelum mengaktifkan layanan, siswa atau guru diwajibkan mengisi formulir untuk mendapatkan Kartu Perdana Internet Merdeka Belajar secara gratis di tautan berikut ini.

Kuota internet promo untuk belajar bisa diaktivasi melalui aplikasi MyTelkomsel dan UMB atau layanan SMS. Berikut detailnya:

1. Cara aktivasi Kuota Belajar melalui aplikasi MyTelkomsel
Pastikan kamu memiliki kuota utama dan tidak menggunakan VPN serta pastikan nomor Telkomsel kamu sudah terdaftar melalui sekolah atau kampus di Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kemendikbud dan status nomor aktif.

Langkah-langkah untuk mengaktifkan dan menggunakan Kuota Belajar adalah sebagai berikut:
- Buka aplikasi MyTelkomsel
- Pilih menu “Belanja”
- Pilih menu “Internet”
- Pilih kategori “Pendidikan”
- Pilih “Kuota Belajar Rp10”
- Konfirmasi pembelian
- Pembelian berhasil.

2. Cara Aktivasi Kuota Belajar melalui UMB
- Akses UMB *363*844#
- Pilih “Paket Kuota Belajar”
- Pilih “Rp10 10GB Kuota Belajar”
- Kamu akan mendapatkan notifikasi berisi link aktivasi paket melalui aplikasi MyTelkomsel
- Konfirmasi pembelian dan pembayaran
- Pembelian paket berhasil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper