Iklan Digital di Tengah Covid-19, Afiliasi EXCL Nikmati Lonjakan 30 Persen

Leo Dwi Jatmiko
Minggu, 31 Januari 2021 | 17:15 WIB
Ilustrasi digital marketing/CC0
Ilustrasi digital marketing/CC0
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan terafiliasi PT XL Axiata Tbk. (EXCL) yakni PT Ada Asia Indonesia mencatat belanja untuk iklan digital di Indonesia  naik 30 persen pada 2020 lalu.

Anak usaha Axiata, pemegang saham EXCL itu, mencatat saat bersamaan sepanjang tahun lalu pihaknya berhasil menambah jumlah mitra hingga 50 persen.

Untuk diketahui, Ada merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kecerdasan buatan dan pengolahan data untuk merancang dan menjalankan solusi pemasaran digital yang terintegrasi.

Country Director, Marketing Services ADA in Indonesia Faradi Bachri mengatakan Covid-19 telah membuat sejumlah perusahaan menyadari pentingnya pemasaran digital untuk menjangkau konsumen.

 “Hal ini didorong oleh kesadaran masyarakat bahwa penggunaan platform digital untuk kehidupan sehari-hari tidak sesulit yang mereka bayangkan. Semuanya mudah dilakukan dan dapat dipenuhi dengan menggunakan sebuah gawai,” kata Faradi kepada Bisnis, Minggu (31/1/2021). 

Faradi menjelaskan naiknya belanja iklan digital secara signifikan, memperlihatkan bahwa perusahaan mulai beradaptasi dengan cepat terhadap pandemi Covid-19.

Mereka juga menyesuaikan pengelolaan pesan dan pendekatan kreatif agar relevan dengan situasi yang dihadapi konsumen, serta platform komunikasi yang digunakan, yaitu secara digital.

“Peningkatan belanja iklan juga mempengaruhi pertumbuhan bisnis Ada, di Indonesia. Pada 2020, pertumbuhan bisnis kami mencapai 30 persen,” katanya.

Untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis, kata Faradi, pada tahun ini perseroan akan mengembangkan layanan-layanan baru yang berpusat pada teknologi pemasaran (martech) dan dagang-el. Kedua jenis layanan tersebut diperkirkan makin populer di industri pemasaran pada 2021.

Martech merupakan teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan pemasaran digital secara menyeluruh. Pengguna akan mendapatkan berbagai medium komunikasi saat bersamaan.

 

Produk Operator Seluler  

Selain Ada, PT Telekomunikasi Selular (Telkosel) dan PT Indosat Tbk. juga memiliki layanan iklan digital. Telkomsel melalui MyAds, menawarkan sejumlah layanan kepada mitranya berupa pengiriman SMS secara massal, SMS interaktif hingga pesan iklan berbentuk gambar ke tempat yang tepat.

Harga layanan untuk produk ini beragam. Untuk SMS, Telkomsel membanderol dengan harga Rp100 per pesan. Harga tersebut hanya untuk UMKM dengan maksimal 60.000 pengiriman/bulan. 

Sementara itu, Indosat melalui PT Portal Bursa Digital (IMX) membantu pelanggan mempromosikan produk mereka ke pelanggan melalui media digital seperti SMS, Location Based Advertising (LBA) dan lain sebagainya, yang dikelola oleh i-Klan Store. 

Indosat juga memiliki Display Dashboard, yaitu sebuat portal yang mempertemukan pemilik inventori iklan dengan pemilih merek, melalui sistem real time bidding. Sistem ini memungkinkan iklan dapat muncul dalam display digital di gawai.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper