Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

XL Perkuat Jaringan di Sulawesi, Kalimantan dan Sumatera Tahun Ini

XL menilai wilayah luar Jawa merupakan wilayah yang dengan pasar yang potensial sehingga dapat meningkatkan kinerja perusahaan.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 08 Januari 2021  |  11:35 WIB
Teknisi PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melakukan pemeliharaan perangkat pada menara Base Transceiver Station (BTS) di kawasan Lok Baintan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Minggu (15/4/2019). - Bisnis/Rachman
Teknisi PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melakukan pemeliharaan perangkat pada menara Base Transceiver Station (BTS) di kawasan Lok Baintan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Minggu (15/4/2019). - Bisnis/Rachman

Bisnis.com, Jakarta – PT XL Axiata Tbk. (EXCL) memastikan akan melanjutkan penggelaran jaringan di luar Jawa pada tahun ini untuk memperluas layanan yang dimiliki.

Group Head Corporate Communications XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan perseroan akan terus melakukan ekspansi jaringan pada tahun ini, khususnya di wilayah luar Jawa.

XL menilai wilayah luar Jawa merupakan wilayah yang dengan pasar yang potensial. Penggelaran jaringan di sana diharapkan dapat meningkatkan kinerja perusahaan.

“Wilayah luar pulau Jawa tersebut terutama di Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi,” kata Ayu kepada Bisnis, Jumat (8/1/2021).

Untuk anggaran belanja modal untuk gelar jaringan di luar Jawa, kata Ayu, perseroan belum bisa menginformasikan karena masih melakukan kalkulasi dan evaluasi terhadap hasil pencapaian pada 2020.

Meski demikian, kata Ayu, anggaran yang disiapkan kurang lebih akan sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pada 2020, XL Axiata menyiapkan belanja modal sekitar Rp7,5 triliun, dengan 80 persen dari jumlah tersebut akan digunakan untuk penggelaran jaringan.

Hingga kuartal III/2020 XL mengoperasikan 53.055 BTS 4G, bertambah 3.311 BTS dibandingkan dengan kuartal II/2020. Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, jumlah BTS 4G XL bertambah 13.759 BTS 4G. Ayu belum dapat bercerita mengenai jumlah BTS 4G XL pada kuartal IV/2020. 

Adapun mengenai rencana penggelaran jaringan di desa-desa non-4G sebagai salah satu syarat perpanjangan penggunaan spektrum frekuensi, menurutnya, XL masih terus berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam melakukan pemerataan dan penyediaan akses layanan data khususnya layanan 4G di berbagai wilayah di Indonesia.

“Untuk detail mengenai penggelaram jaringan di desa-desa, saat ini kami masih terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Kemenkominfo,” kata Ayu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata telekomunikasi
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top