Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Adaptasi Hybrid Cloud Diprediksi Makin Masif Tahun Depan

Telkomsigma optimis pada 2021 adaptasi hybrid cloud makin marak dilakukan pelaku bisnis nasional usai adanya dorongan dari transformasi digital yang makin meluas.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 17 Desember 2020  |  20:12 WIB
Portal Cloud berisi layanan-layanan IaaS, SaaS, dan PaaS yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dari pengguna.  - Telkomsigma
Portal Cloud berisi layanan-layanan IaaS, SaaS, dan PaaS yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dari pengguna. - Telkomsigma

Bisnis.com, JAKARTA – Telkomsigma optimis pada 2021 adaptasi hybrid cloud makin marak dilakukan pelaku bisnis Tanah Air.

VP DevOps Flou Cloud, Wita Astari mengatakan bahwa saat ini terdapat kecenderungan dari para perusahaan dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang sudah memiliki infrastrukturnya, yakni private cloud untuk memperluas skala bisnisnya dengan menghubungkan ke public cloud.

“Mereka mulai melihat urgensi kebutuhan hybrid cloud. Pada 2021, secara teknologi industri pun sudah mengarah ke distribusi cloud,” ujarnya lewat diskusi virtual bersama Bisnis.com, Kamis (17/12/2020).

Dia juga menyebutkan bahwa seluruh sektor ke depan berpotensi mengadaptasi hyper cloud. Pasalnya, dorongan dari transformasi digital yang makin meluas.

“Segmentasi kami saat ini tidak hanya UMKM dan startup, tetapi juga BUMN, pemerintah, dan perusahaan,” katanya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa kebutuhan industri 4.0 akan makin erat pada pemanfaatkan robotisasi, kecerdasan buatan, dan internet untuk segala (IoT) dan semua butuh untuk terakselerasi di cloud.

“Tanpa cloud agak mustahil menuju transformasi digital dan semua orang memang dituntun perlahan untuk mengadopsi cloud,” ujarnya.

Adapun, untuk mengantisipasi kebutuhan cloud yang makin masif. Wita mengatakan bahwa perusahaan akan membangun zona baru untuk memenuhi permintaan masyarakat yang makin tinggi.

“Selain itu, kami akan bergerak menyalurkan XCloud di seluruh nusantara mengisi 20 carrier neutral data center, karena pada 2022—2023 teknologi 5G mulai beredar dan membutuhkan solusi XCloud ini,” kata Wita.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cloud computing telkomsigma
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top