Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jangan Pernah Pakai 10 Password Ini, Dampaknya Fatal

Sekali saja seseorang tahu apa kata sandi yang Anda gunakan, maka dia bisa menggunakan akun Anda untuk keinginannya. Apapun itu. Karena itu, penting untuk menjaga kerahasiaan password dan juga membuatnya sulit diketahui orang lain.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 20 November 2020  |  07:58 WIB
Ilustrasi kata sandi atau password - Antara
Ilustrasi kata sandi atau password - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pemakaian password atau kata sandi dalam penggunaan teknologi adalah hal yang sangat umum dan rahasia.

Sekali saja seseorang tahu apa kata sandi yang Anda gunakan, maka dia bisa menggunakan akun Anda untuk keinginannya. Apapun itu. Karena itu, penting untuk menjaga kerahasiaan password dan juga membuatnya sulit diketahui orang lain.

Tapi, sayangnya, masih banyak orang menggunakan kata sandi yang sangat mudah diretas dan diketahui.

Menurut pengelola kata sandi Nordpass, '123456' adalah kata sandi yang paling umum digunakan pada tahun 2020 dan telah dilanggar lebih dari 23 juta kali.

Kata sandi tersebut dilaporkan telah digunakan oleh jutaan orang dan membutuhkan waktu kurang dari satu detik untuk memecahkannya. Daftar tersebut mengungkapkan 200 kata sandi terburuk tahun ini, merinci berapa kali kata sandi itu terekspos, digunakan, dan waktu yang diperlukan untuk memecahkannya. ‘123456789 'berada di urutan kedua, sedangkan‘ gambar1' menempati posisi ketiga.

Pada tahun 2015, sebuah laporan oleh sebuah perusahaan perangkat lunak telah mengungkapkan bahwa '123456' menduduki puncak daftar kata sandi terburuk tahun itu, diikuti oleh 'kata sandi'.

Lima tahun kemudian, tidak banyak yang berubah; ‘123456 'tetap menjadi kata sandi yang paling umum digunakan, laporan oleh NordPass mengungkapkan, dan' kata sandi 'berada di tempat keempat.

Penelitian oleh NordPass mengkonfirmasi apa yang kami ketahui: orang menggunakan kata sandi yang sederhana dan mudah diingat karena nyaman. Kata sandi yang paling mudah diingat juga merupakan kata sandi yang sangat rentan terhadap peretasan, penelitian menunjukkan.

Berikut 10 kata sandi yang paling sering digunakan dan diretas adalah '123456', '123456789', 'picture1', 'password', '12345678', '111111', '123123', '12345', '1234567890','1234567'. Sebagian besar membutuhkan waktu kurang dari satu detik untuk dipecahkan.

Kata sandi yang umum digunakan, menurut kategori, juga terungkap. Cokelat adalah nama makanan yang paling umum digunakan dengan 21.409 pengguna. Lebih dari 37.000 pengguna memiliki kata sandi 'pokemon', menjadikannya kata hiburan yang paling umum digunakan.

'Iloveyou' berada di peringkat ke-17 dalam daftar kata sandi yang umum digunakan, dan yang pertama dalam kategori kata-kata positif, dengan lebih dari satu juta pengguna.

Sementara 'onedirection' berada di urutan ke-184 tahun lalu, NordPass mengatakan bahwa ia tidak masuk ke dalam daftar kata sandi yang paling umum digunakan pada tahun 2020.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

teknologi password
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top