Infradigital Startup Pendidikan Pertama yang Raih Sertifikat ISO

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 29 Oktober 2020 | 16:08 WIB
Infradigital
Infradigital
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Infradigital, startup edu-fintech yang bergerak dalam digitalisasi layanan pendidikan berhasil mendapatkan sertifikasi ISO : 27001 2013 tentang Sistem Manajemen Keamanan Informasi (ISMS)

CEO Infradigital, Ian McKenna menyatakan bahwa penerapan ISO ini membentuk kerangka kerja untuk Infradigital secara internal menerapkan manajemen keamanan informasi dan menjamin semua penerapan tersebut dapat dipertanggungjawabkan melalui audit eksternal.

Ini juga menumbuhkan budaya keamanan informasi di dalam Infradigital. Melalui ISO, Infradigital memberikan edukasi ke semua karyawan tentang pentingnya keamanan dan memastikan setiap proses kerja yang dilakukan di  setiap divisi itu aman setiap harinya.

"Yang sangat penting juga, keamanan menjadi bagian dari DNA perusahaan, tidak hanya untuk divisi engineering dan security, namun juga untuk seluruh organisasi," ujarnya dalam keterangan tertulisnya.

Muhammad Irwin, VP Engineering PT Infradigital Nusantara yang memimpin langsung penerapan ISO 270001 : 2013 juga menambahkan bahwa proses sistem manajemen keamanan informasi ini fokus pada tiga hal, yakni Confidentiality, Integrity, dan Availability. Confidentiality mencakup pada kerahasiaan informasi dan distribusi akses serta peran tanggung jawab informasi di setiap departemen dalam perusahaan. Integrity mencakup pada validitas dari aktivitas pengumpulan data dan informasi demi mengurangi resiko kesalahan data dan informasi.

Availability mencakup ketersediaan akses data dan perlindungan serta mitigasi data dari beberapa masalah informasi seperti kebocoran data, server down, cyber attack, hacking, dan lain-lain.

Proses implementasi keamanan informasi di Infradigital dilakukan secara menyeluruh ke semua divisi di perusahaan melalui rangkaian tahapan seperti penetapan dan peninjauan ulang terkait prosedur operasi standar (SOP), pelatihan implementasi langkah keamanan, mengenal kesadaran dan resiko keamanan hingga proses audit internal dan audit eksternal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper