Digandeng NASA, Nokia Siap Bangun Jaringan Seluler di Bulan

Rezha Hadyan
Selasa, 20 Oktober 2020 | 07:28 WIB
Nokia/Istimewa
Nokia/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Nokia Oyj (Nokia) dipilih oleh Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (National Aeronautics and Space Administration/NASA) untuk membangun jaringan seluler pertama di bulan.

Perusahaan telekomunikasi Finlandia itu mengatakan pada hari Senin bahwa kemitraan tersebut akan menciptakan jalan menuju kehadiran manusia yang berkelanjutan di permukaan bulan dan akan menghasilkan sistem komunikasi LTE/4G pertama di luar angkasa.

Unit Bell Labs Nokia berencana untuk membangun apa yang digambarkannya sebagai solusi LTE yang sangat ringkas, berdaya rendah, diperkeras ruang, dan ujung ke ujung yang akan tersedia di bulan pada akhir 2022.

Idenya adalah untuk menyediakan jenis teknologi yang memungkinkan untuk mengontrol penjelajah bulan dari jarak jauh, atau memungkinkan navigasi waktu nyata dan streaming video definisi tinggi, kata Nokia.

“Solusi tersebut telah dirancang khusus untuk menahan kondisi keras peluncuran dan pendaratan di bulan, dan untuk beroperasi dalam kondisi luar angkasa yang ekstrim,” demikian pernyataan perusahaan tersebut mengutip Bloomberg pada Selasa (20/10/2020).

Perusahaan tersebut mengatakan bahwa teknologi yang digunakannya sangat cocokuntuk menyediakan jenis koneksi nirkabel yang dibutuhkan astronot.

Nokia bekerja dengan Mesin Intuitif untuk mengintegrasikan jaringan ke pendarat bulan dan mengirimkannya ke permukaan bulan, di mana mereka akan mengkonfigurasikannya sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper