Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Animasi Indonesia Menanti Pendanaan Investor

Balpil dan Bhinnekaz juga disiapkan untuk memperkenalkan Indonesia ke seluruh dunia melalui animasi.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 17 Oktober 2020  |  19:06 WIB
Animasi asal Indonesia. - ilustrasi
Animasi asal Indonesia. - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Tingginya biaya animasi membuat sejumlah animator terpaksa berpikir dua kali untuk mengangkat karakter komik yang mereka ciptakan menjadi sebuah film atau serial yang tayang dalam periode tertentu.

Hal tersebut yang dialami oleh karakter komik Balpil and Bhinnekaz. Menurut President Director Balpil and Bhinnekaz Holip Soekawan pihaknya masih menunggu masuknya pendanaan untuk pembuatan serial animasi dari karakter komik yang dikembangkannya.

“Rencana episode pertama atau pilot episode akan tayang di akhir 2020 atau Januari 2021 di Youtube. Untuk kelanjutan nya, tergantung animo masyarakat, karena funding terbatas,” katanya kepada Bisnis baru-baru ini.

Adapun, untuk mengatasi permasalahan tersebut pihaknya berupaya untuk menjadi pihak ketiga atau sub-kontraktor dari rumah produksi animasi luar negeri yang menggarap film maupun serial animasi. Tentunya upaya tersebut tak semudah membalikkan telapak tangan, terlebih di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Holip mengungkapkan sejauh ini pihaknya sudah menghabiskan dana lebih dari Rp2 miliar sejak pertama kali menggarap Balpil and Bhinnekaz pada 2012. Karakter animasi tersebut selain hadir dalam bentuk komik strip di platform Ciayo dan Webtoon juga hadir dalam bentuk komik narasi di YouTube.

Kemudian dalam beberapa kesempatan Holip sempat mengembangkan animasi pendek dari karakter komik tersebut yang juga diunggah ke platform berbagi video itu.

animasi lokal

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa industri animasi Balpil and Bhinnekaz merupakan lanjutan dari konsep pilar keseimbangan atau balanced pillar yang kemudian disingkat menjadi Balpil. Konsep tersebut menurut Holip dituangkan dalam buku berjudul Personal Scorecard Pillar yang terbit pada 2011.

“Pesan utama yang ingin disampaikan animasi Balpil and Bhinnekaz adalah pentingnya untuk setiap insan menjaga keseimbangan fisik, intelektual, sosial, spiritual yang optimal, untuk mencapai tujuan hidup yang berkesinambungan,” tuturnya.

Balpil dan Bhinnekaz juga disiapkan untuk memperkenalkan Indonesia ke seluruh dunia melalui animasi. Oleh karena itu, Holip menyiapkan naskah yang berbeda antara komik dengan serial yang tengah disiapkan.  Menurutnya, penyampaian cerita dan konsep Balpil jauh lebih maksimal di serial tersebut.

Terakhir, Holip mengungkapkan bahwa pihaknya berencana untuk mengembangkan gim dan mainan edukasi agar Balpil and Bhinnekaz makin dikenal luas.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investor animasi
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top