Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pengisian Daya Cepat iPhone 12 Hanya Didukung Aksesoris Resmi Apple

Apple memperkenalkan kembali MagSafe sebagai merek pengisi daya resmi iPhone 12 dengan fitur terbarunya yang mendukung fitur pengisian daya cepat.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 14 Oktober 2020  |  11:54 WIB
Foto iPhone 12 Pro yang ditampilkan pada layar Macbook Pro. - Bloomberg
Foto iPhone 12 Pro yang ditampilkan pada layar Macbook Pro. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Generasi terbaru dari iPhone, yakni iPhone 12 sudah dilengkapi dengan kemampuan pengisian daya cepat nirkabel berdaya 15 W, namun bukan berarti masalah pengisian daya yang selama ini dikeluhkan sepenuhnya teratasi.

Melansir The Verge pada Rabu (14/10/2020), untuk menikmati pengisian daya cepat 15W pengguna iPhone 12 harus menggunakan pengisi daya nirkabel bermerk MagSafe yang dikeluarkan oleh Apple.

Seperti diketahui, Apple pada saat peluncuran iPhone 12 Selasa (13/10/2020) waktu Amerika Serikat (AS) memperkenalkan kembali MagSafe sebagai merek pengisi daya resmi iPhone 12 dengan fitur terbarunya yang mendukung fitur pengisian daya cepat.

Fitur baru tersebut adalah magnet yang mampu menyelaraskan diri dengan sempurna setiap saat untuk pengisian nirkabel yang lebih cepat. Demikian tertulis pada spesifikasi teknisnya.

Belum ada informasi lebih lanjut apakah fitur tersebut bisa dinikmati oleh pengguna iPhone 12 menggunakan pengisi daya pihak ketiga yang biasanya tersedia di pasaran dengan harga lebih terjangkau. Namun yang jelas, pengisi daya MagSafe tidak menggunakan standar pengisian umum seperti iPhone generasi sebelumnya.

Tercatat di halaman spesifikasi teknis untuk lini iPhone 12 yang baru adalah rincian yang lebih jelas yang mencantumkan 15W untuk pengisian MagSafe dan 7,5W untuk pengisian nirkabel standar Qi.

Setiap iPhone sejak iPhone 8 pada tahun 2017 telah mampu melakukan pengisian nirkabel sesuai dengan standar terbuka Qi, tetapi iPhone tidak pernah dapat memanfaatkan kecepatan pengisian hingga 15W sampai akhirnya menghidupkan kembali MagSafe.

Tidak jelas mengapa hal ini terjadi atau apakah ada batasan teknis atau sesuatu yang unik tentang pengisi daya MagSafe yang memungkinkan hal ini.

Namun itu berarti bahwa jika Anda ingin memanfaatkan pengisian daya nirkabel yang lebih cepat di lini iPhone 12, Anda harus tetap menggunakan pengisi daya yang disetujui Apple dan bukan dari pihak ketiga non-MagSafe.

Satu-satunya pilihan yang tersedia saat ini adalah pengisi daya MagSafe US$ 39 yang dijual Apple di toko daringnya. Belkin dan Griffin juga akan memiliki pengisi daya MagSafe, tetapi tampaknya pembuat aksesori pihak ketiga lainnya perlu bekerja sama dengan Apple - mungkin melalui program lisensi MFi - untuk melakukan hal yang sama. Perlu dicatat bahwa setiap merek secara teori dapat membuat pengisi daya magnetis untuk iPhone 12.

Tetapi jika perusahaan menginginkan akses ke kecepatan pengisian daya yang lebih cepat dan sistem identifikasi NFC untuk mengenali aksesori, itu harus bekerja dengan Apple.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apple iphone Virus Corona Covid-19
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top