Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Siap-Siap, Siaran TV Analog Disetop Usai RUU Ciptaker Disahkan

Analog switch off (ASO) atau penghentian siaran TV analog untuk dialihkan ke siaran digital akan dilakukan 2 tahun usai RUU Ciptaker disahkan.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 29 September 2020  |  14:17 WIB
Seorang wanita menonton acara televisi. - Istimewa
Seorang wanita menonton acara televisi. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Badan Legislasi (Baleg) DPR RI dan Kementerian Komunikasi dan Informatika menyepakati bahwa peralihan siaran televisi analog ke digital atau analog switch off (ASO) bakal dilakukan paling lambat 2 tahun setelah pengesahan Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja (Ciptaker).

Wakil Ketua Baleg DPR RI Willy Adita mengungkapkan bahwa DPR RI bersama pemerintah telah selesai melakukan pembahasan mengenai klaster telekomunikasi dan penyiaran, termasuk mengenai ASO.

“Sudah selesai. Sudah diketok. ASO 2 Tahun. RUU Ciptaker disahkan baru 2 tahun setelah itu ASO,” kata Willy kepada Bisnis.com, Selasa (29/9/2020).

Willy menjelaskan jika merujuk pada putusan tersebut maka penggelaran ASO harus sudah teralisasi pada akhir 2022 atau awal 2023.

Sementara itu, Direktur Penyiaran Kemenkominfo Geryantikan Kurnia mengatakan bahwa klaster telekomunikasi dan penyiaran pada RUU Ciptaker sudah selesai dibahas oleh pemerintah dan DPR RI. Hanya saja, dia belum dapat menjelaskan lebih banyak mengenai skema ASO nantinya karena masih menunggu pengesahan RUU Ciptaker.

“Nunggu disahkan paripurna,” kata Gery.

Sekadar catatan, pembahasan mengenai ASO termuat pada pasal 60A RUU Ciptaker. Dalam pasal tersebut disebutkan bahwa penyelenggaraan penyiaran dilaksanakan dengan mengikuti perkembangan teknoloogi termasuk migrasi penyiaran dari teknologi analog ke teknologi digital.

Kemudian migrasi penyiaran televisi terrestrial dari teknologi analog ke teknologi digital sebagaimana yang dimaksud dan penghentian siaran analog (Analog Switch Off) diselesaikan paling lambat 2 tahun sejak mulainya berlaku undang-undang ini.

Ketentuan lebih lanjut mengenai migrasi penyiaran dari analog ke digital diatur dengan peraturan pemerintah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telekomunikasi televisi
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top