Temuan Baru Planet Mengorbit di Bintang Kerdil, Pertama Kali dalam Sejarah

Fransiscus Primus Hernata
Kamis, 17 September 2020 | 12:29 WIB
Planet mengorbit bintang kerdil putih
Planet mengorbit bintang kerdil putih
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Para Ahli Astronomi mendeteksi sebuah planet yang mengorbit di dekat bintang kerdil putih. Penemuan ini awalnya dianggap mustahil.

Jika temuan itu dikonfirmasi, maka penemuan ini akan menjadi planet pertama yang diketahui mengorbit sisa dari inti bintang.

Planet sebesar Jupiter tersebut, yang dijuluki WD 1856 b, ditemukan menggunakan koleksi data dari teleskop luar angkasa Spitzer yang sudah pensiun serta satelit NASA yang bernama TESS (Transiting Exoplanet Survey Satellite).

Planet tersebut secara kasar terlihat tujuh kali lebih besar dibandingkan bintang kerdil putih tersebut, yang disebut WD 1856+534.

Adapun bintang mati itu hanyalah 40 persen lebih besar dibandingkan dengan Bumi

Berdasarkan temuan awal, planet itu melakukan tiap putarannya setiap 34 jam, atau 60 kali lebih cepat dibandingkan dengan Planet merkuri yang mengorbit pada matahari.

Tetapi misteri tidak berujung hanya pada hal tersebut, dikarenakan planet tersebut terlihat memiliki orbit yang lebih besar di masa lalu.

Andrew Vanderbutg, seorang asisten professor astronomi dari University of Wisconsin di Madison, berkata “WD 1865 b sepertinya dapat berdekatan dengan bintang kerdil putihnya dan dapat bertahan utuh tanpa hancur,” seperti dikutip dari express.co.uk 

“Proses kreasi dari bintang putih kerdil menghancurkan planet disekitarnya dan apapun yang nantinya terlalu dekat dengan bintang tersebut biasanya akan terkoyak oleh gravitasi besar yang dimiliki planet tersebut. Tetapi kita masih memiliki banyak pertanyaan bagaimana WD 1856 dapat tiba di lokasinya saat ini tanpa harus mengalami nasib seperti ituz” ujarnya.

Teka teki kosmik tersebut dijelaskan dalam tulisan yang di publikasikan oleh jurnal Nature pada 17 September.

Planet WD 1856 tersebut terlihat menggunakan teleskop TESS dengan jarak 80 tahun cahaya atau  berjarak sekitar 756.858.438.04032°1.609 Km, di dalam konstelasi Draco.

Missi teleskop TESS adalah untuk mengobservasi suatu petak luas di luar angkasa selama satu bulan, dan mengobservasi perubahan perubahan intensitas cahaya suatu bintang.

Perubahan intensitas cahaya ini bisa disebabkan oleh suatu planet melewati bagian depan bintang tersebut dan merupakan cara terbaik kita untuk mencari planet di luar tata surya kita.

Sedangkan bintang kerdil putih itu diperkirakan berumur 10 milyar tahun dan berukuran sekitar 18.000 Km

Bintang kerdil putih seperti ini lahir dikarenakan bintang seperti matahari kehabisan bahan bakarnya dan berubah menjadi bintang merah besar yang membesar secara masif dalam perihal ukuran.

Lapisan gas yang melebar tersebut pada akhirnya akan tersingkirkan dan bintang tersebut akan kehilangan 80 persen massanya. Sehingga apa yang tersisa hanyalah sebuah inti yang padat dan panas sebuah bintang putih kerdil.

Selama proses ini, apapun yang terperangkap dalam jalan bintang merah tersebut akan terbakar habis.

Para ahli Astronomi percaya bahwa hal ini seharusnya terjadi juga pada WD 1856 b, yang pada saat bersamaan seharusnya berada 50 kali lebih jauh dari saat ini.

Tetapi planet tersebut dapat bertahan dari proses lahirnya bintang kerdil putih tersebut dan mampu bertahan mengorbiti sangat dekat dengan bintang tersebut.

Seorang asisten astronomi dari International Gemini Observatory di Hilo, Hawai  seperti yang dikutip dari express.co.uk berkata “Kita telah lama mengetahui bahwa setelah bintang kerdil putih lahir, objek luar angkasa yang kecil dan jauh seperti asteroid dan komet akan tersebar ke dalam bintang ini. Mereka biasanya tertarik oleh gravitasi kuat yang dimiliki bintang kerdil putih ini dan berubah menjadi serpihan sisa. Oleh karena itu saya sangat gembira ketika Andrew memberitahu saya mengenai sistem ini. Kita telah melihat petunjuk bahwa planet bisa tersebar ke dalam juga, tetapi baru kali ini kita melihat untuk pertama kalinya sebuah planet yang melengkapi semua perjalanan dan utuh," paparnya.

Para Ahli Astronomi tersebut menulis dalam penelitian mereka “Penemuan kita untuk sistem WD 1856+534 mengindikasikan planet raksasa dapat tersebar ke dalam orbit yang sempit tanpa terganggu pasang surut gravitasi, dan memotivasi untuk pencarian planet transit yang lebih kecil sekitar bintang kerdil putih”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper